Hendardi

LahirJakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 13 Oktober 1957
Profesi
Karier
  • Ketua Badan Pengurus Setara Institute

Pria kelahiran Jakarta, 13 Oktober 1957 ini dikenal sebagai aktivis HAM, serta pejuang kesetaraan dan keberagaman. Hendardi hingga saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Pengurus Setara Institute. Organisasi tersebut berjuang untuk mewujudkan perlakuan setara, plural, dan bermartabat atas semua orang dalam tata sosial politik demokratis.

Lembaga swadaya masyarakat yang dikelola oleh Hendardi tersebut berupaya mengambil bagian untuk mendorong terciptanya kondisi politik yang terbuka berdasarkan penghormatan atas keberagaman, hak-hak manusia, dan penghapusan sikap intoleran. Untuk itu, Setara Institute beranggotakan individu-individu yang peduli pada gagasan dan praktek pluralisme, humanitarian, demokrasi, dan hak asasi manusia yang bersifat sukarela dan perseorangan.

Bersama 26 orang lainnya, Hendardi menjadi salah satu pendiri yayasan yang bergerak dalam hal demokrasi dan perdamaian tersebut. Ia juga menjadi Dewan Eksekutif Setara Institute bersama Ismail Hasani dan Bonar Tigor Naipospos.

Pada 13 Juni lalu, Hendari mengeluarkan pernyataan yang mendukung Ikatan Dokter Indonesia menolak hukuman kebiri bagi pelaku kekerasan seksual. Menurut Hendardi, hukuman tersebut bertentangan dengan hak asasi manusia karena termasuk kategori kejam, tidak manusiawi, dan merendahkan martabat manusia. Ia menyarankan, akan lebih baik jika DPR memprioritaskan pembahasan rancangan undang-undang penghapusan kekerasan seksual.