Hashim Djojohadikusumo

Hashim Djojohadikusumo

timeter overall

+33
Lahir
Jakarta, 01/01/1953
Profesi
Ketua Dewan Pengawas Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Taman Margasatwa Ragunan (-)
Agama
Kristen Protestan
Karier
  • Wakil Ketua Dewan Pembina Partai GERINDRA (-)
  • Pemilik Arsari Group (-)
  • Ketua Dewan Pengawas Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Taman Margasatwa Ragunan (-)

Hashim Djojohadikusumo merupakan anak dari pasangan Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Sigar merupakan salah satu konglomerat asal Indonesia. Bapak dari tiga orang anak ini Aryo Djojohadikusumo, Indra Djojohadikusumo dan Rahayu Djojohadikusumo merupakan suami dari Anie Hashim Djojohadikusumo yang lahir di Jakarta, 1 Januari 1953. Hashim dikenal sebagai seorang konglomerat yang bergerak di bidang tambang.


Adik kandung dari Prabowo Subianto ini adalah seorang wiraswasta dan pemilik perusahaan Arsari Group yang bergerak dalam bidang pertambangan, program bio-ethanol, perkebunan karet dan lain-lain.


Setelah menikah dengan Anie, Hashim Djojohadikusumo dikaruniai tiga anak yakni Aryo, Rahayu Saraswati, dan Indra. Pernah magang di sebuah bank investasi di Prancis sebagai seorang analis keuangan, karirnya terus meroket di dunia bisnis.


Hashim pun lantas diangkat menjadi direktur di Indo Consult. Karena instingnya dalam bisnis sangat tajam, perusahaannya mengalami kemajuan cukup fantastis yang ditandai dengan akuisisi PT. Semen Cibinong lewat perusahaannya yang bernama PT. Tirta Mas.


Dalam karirnya, Hashim juga sempat menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Taman Margasatwa Ragunan. Dia mengungkapkan bahwa dirinya mulai bertugas setelah adanya Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 737 Tahun 2013. Surat tersebut dikeluarkan Joko Widodo (Jokowi) saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 7 Mei 2013 lalu.


Meskipun telah menyatakan mundur dari jabatannya, Hashim tetap mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemprov DKI Jakarta sebab telah memberikan kepercayaan kepadanya. Dia sangat berharap bahwa rencana BLUD TMR nantinya mampu membuat kebun binatang tersebut menjadi bertaraf internasional.