Haris Azhar

Lahir-
Profesi
Karier
  • Wakil Koordinator KontraS
  • Koordinator KontraS (2010-2016)
Pendidikan
  • Sarjana Fakultas Hukum Universitas Trisakti
  • Master of Art, Teori dan Praktik Hak Asasi Manusia di University of Essex, Inggris

Sejak tahun 1999, Haris Azhar telah bekerja di sebuah LSM hak asasi manusia berskala nasional yang berbasis di Jakarta bernama KontraS. Setelah dipercaya sebagai Wakil Koordinator KontraS, pada 2010 Haris diangkat menjadi Koordinator. Sebagai koordinator, Haris bertanggung jawab memastikan KontraS berkontribusi dan membangun komunitas hak asasi manusia di Indonesia.

Kiprah Haris di KontraS dimulai sebagai relawan Divisi Advokasi sebelum kemudian meneruskan sebagai anggota staf Biro Pengawasan dan Penelitian. Haris lantas melanjutkan kariernya dengan menjadi Kepala Dokumentasi Biro Riset; Kepala Riset, Investigasi, dan Database Biro.

Pada 1999, Haris meraih sarjana hukum dari Universitas Trisakti. Ia kemudian menempuh Master of Art dengan mengambil Teori dan Praktik Hak Asasi Manusia di University of Essex, Inggris dan lulus pada 2010. Selain itu, Haris juga bertitel Magister dengan mengambil pendidikan Filsafat di Universitas Indonesia selama 2000–2003.

Menyebut diri sebagai pembela hak asasi manusia, Haris telah memiliki pengalaman, minat dan keahlian tentang hak asasi manusia Indonesia dan hukum konstitusi.Selain itu, ia juga punya ketertarikan dalam reformasi sektor keamanan, LSM pemerintahan, keadilan transisional, resolusi konflik, dan hubungan ASEAN. Karyanya dalam hak asasi manusia meliputi litigasi, misi pencarian fakta, analisis, penelitian dan kerja kasus.