Hanum Salsabiela Rais

LahirYogyakarta, 12 April 1982
Profesi
Karier
  • Publik Figur Indonesia
Hanum Salsabiela Rais atau yang lebih dikenal dengan Hanum Rais merupakan seorang mantan seorang presenter berita Reportase di Trans TV. Hanum merupakan lulusan FKG Universitas Gajah Mada.

Walaupun dia mendapatkan gelar seorang Dokter Gigi, perempuan kelahiran Yogyakarta, 12 April 1982 ini berkarier sebagai seorang jurnalis dan presenter di Trans TV. Dia pernah pindah ke Eropa ketika sang suami memutuskan melanjutkan kuliah di Eropa, selama disana dia berpetualang untuk proyek video podcast Executive Academy di WU Vienna selama 2 tahun selain itu dia juga tercatat sebagai koresponden detik.com bagi kawasan Eropa dan sekitarnya.

Selain menjadi jurnalis dan presenter Hanum ini juga seorang penulis, pada tahun 2010 dia menerbitkan buku berjudul “Menapak Jejak Amien Rais: Persembahan Seorang Putri untuk Ayah Tercinta.”, sebuah novel biografi tentang kepemimpinan, keluarga dan mutiara hidup.

Hanum kembali menerbitkan buku yang berjudul “Berjalan di Atas Cahaya” dan “99 Cahaya di Langit Eropa” yang kemudian diadaptasi menjadi film “99 Cahaya di Langit Eropa” dan “99 Cahaya di Langit Eropa Part 2”.

Putri dari Amien Rais ini tersandung kasus penyebaran isu hoaks Ratna Sarumpaet pada tahun 2018 ini. Hanum Rais, bahkan sempat mengunggah video yang menyebut bahwa Ratna adalah seorang Cut Nyak Dien sambil terisak.

Oleh karena itu Hanum melayangkan permintaan maaf terkait kecerobohannya mengunggah berita hoaks soal penganiayaan yang dialami oleh anggota timses Prabowo Subianto, Ratna Sarumpaet.

Kali ini Hanum menjadi buah bibir pasalnya film yang diadaptasi dari kisah hidupnya bersama sang suami baru saja rilis di Indonesia, yang berjudul "Hanum & Rangga", meski baru kali ini benar-benar dipakai jadi judul utama, karakter pasangan suami-istri (pasutri) asal Indonesia ini sudah lebih dulu dikenal lewat dua cerita: 99 Cahaya di Langit Eropa (1,2), dan Bulan Terbelah di Langit Amerika (1,2).