Ginandjar Kartasasmita

Ketua DPD RI (2004-2009)
Lahir: -
Karir
  • Ketua DPD RI (2004-2009)
Pendidikan
  • ITB, Bandung
  • Tokyo University of Agriculture and Technology
  • Sekolah Ilmu Siasat
  • Sekolah staf komando Angkatan Udara

Politisi sekaligus mantan anggota DPD RI Periode 2004-2009  kelahiran Bandung, 9 April 1941 ini juga seorang doktor HC dari Universitas Takushoku, Tokyo (1994). Sebagai mantan anggota DPD RI Ginandjar Kartasasmita berpendapat bahwa  kehadiran DPD sangat penting dalam pembaruan sistem ketatanegaraan RI. Keberadaan DPD diharapkan dapat memperkuat lembaga perwakilan dalam sistem demokrasi Indonesia sehingga lebih aspiratif dan berimbang antardaerah dan wilayah.

 

Seiring itu pembentukan DPD akan memperkukuh checks and balances antara lembaga-lembaga negara dan antarlembaga perwakilan itu sendiri. “Sudah tentu pembentukan DPD juga dimaksudkan untuk memajukan proses demokratisasi, mempercepat proses pembangunan daerah, serta memperteguh ikatan daerah-daerah dalam bingkai NKRI .”

 

Ia mengawali karirnya dengan masuk dalam dunia militer, dimana karirnya semakin gemilang  pada tahun 1976, ia mendapat promosi  dan ditunjuk sebagai Asisten Sekretaris Negara untuk Urusan Administrasi Pemerintahan. Sebelum penunjukan tersebut, dia belajar terlebih dahulu di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi di Lembaga Administrasi Negara (LAN) sejak tahun 1970.

 

Bermacam-macam pekerjaan prestisius yang menyangkut birokrasi sudah pernah ia alami, misalnya sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ke-5 dan sebagai Menteri Pertambangan dan Energi Republik ke-8 dibawah masa kepemimpinan Presiden Soeharto.

 

Ginandjar Kartasasmita terpilih menjadi anggota DPD mewakili Provinsi Jawa Barat dalam Pemilu Legislatif 2004 untuk memilih anggota DPD. Wakil Ketua MPR unsur Fraksi Partai Golongan Karya ini meraih suara terbanyak, yakni 1.869.767 (9,83%).

DarkLight