STOP PRESS! Jadi Saksi di Sidang E-KTP Hari Ini, Setnov Sibuk Acara HUT Golkar

Fridtjof Nansen

Fridtjof Nansen

timeter overall

+33
Lahir
Norwegia, 10/10/1861
Profesi
Penjelajah Norwegia (-)
Agama
Tidak Diketahui
Karier
  • Penjelajah Norwegia (-)

Pria yang berasal dari Norwegia ini merupakan seorang penjelajah dan ilmuwan yang memimpin ekspedisi untuk menaklukkan Kutub Utara. Namun ekspedisi itu menemui kegagalan dan Nansen tercatat sebagai penjelajah yang mendekati Kutub Utara dan mencapai  garis lintang paling utara.


Nansen mengenyam pendidikannya di zoologi di Universitas Kerajaan Frederick di Oslo 1925. Nansen sempat bekerja menjadi kurator di Museum Bergen. Kemudian pada 1888, Nansen memimpin ekspedisi melintasi Greenland yang tertutup salju dengan menjadikan lintasan ski antarnegara. Selang empat tahun, Nansen melintasi Samudera Arktik.


Pada 1906, Nansen pernah menjabat sebagai perwakilan Norwegia di London dan membantu negosiasi Traktat Integritas, mengusahakan kemerdekaan Norwegia.


Semasa hidupnya, Nansen pernah menciptakan Paspor Nansen yaitu dokumen perjalanan untuk pengungsi tanpa kewarganegaraan. Dokumen ini diakui oleh 52 pemerintah di seluruh dunia dan mengizinkan orang-orang yang mengungsi untuk pindah dan bermukim kembali.


Pada 1922, Nansen dianugrahi Nobel Perdamaian atas usahanya dalam hal pengungsi tanpa kewarganegaraan. Nansen meninggal pada 13 Mei 1930 di usianya yang ke 68 tahun.



Sumber data:
https://tirto.id/fridtjof-nansen-penakluk-kutub-utara-dijadikan-google-doodle-cx7X