Fernando Santos

LahirLisboa, Portugal, 19 Oktober 1954
Profesi
Karier
  • Pelatih Tim Nasional Yunani (2010)

Fernando Manuel Fernandes da Costa Santos atau yang lebih akrab dipanggil Fernando Santos merupakan salah satu mantan pemain sepak bola yang kini menekuni profesi sebagai seorang pelatih. Fernando Santos lahir pada tanggal 10 Oktober 1954 ini memulai karir sepak bolanya sebagai seorang bek. Kini Santos telah berhasil menjadi juru taktik bagi timnas Yunani sejak tahun 2010.

Fernando Santos menjadi pelatih ke-15 yang berhasil mengangkat trofi Euro. Dia pun masuk ke dalam kelompok elite pelatih yang pernah menjuarai Euro. Menariknya, sejak 1960 saat Euro pertama kali digelar, belum pernah ada pelatih yang meraih dua gelar. Santos juga menjadi pelatih lokal ke-14 yang berhasil mengantarkan negaranya menjadi yang terbaik di Benua Biru. Dia adalah Otto Rehhagel (Jerman) saat membawa Yunani juara Euro 2004.

Putusan Asosiasi Sepak Bola Portugal menunjuk Santos menggantikan Paulo Bento terbukti jitu. Meski awalnya sempat dicibir, Santos mampu memberi bukti fenomenal berupa trofi juara Euro 2016. Santos sebelumnya menukangi Yunani dan dua kali meloloskannya ke turnamen mayor yakni Euro 2012 dan Piala Dunia 2014.