Fahri Hamzah

Fahri Hamzah

timeter overall

+5

Fahri Hamzah, SE. merupakan seorang yang pernah menjadi aktifis melawan rezim orde baru. Penggerak reformasi ini sudah tiga kali menduduki jabatan di DPR-RI. Untuk saat ini alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini merupakan anggota DPR-RI dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan menduduki jabatan anggota di Komisi III DPR-RI.


Komisi III DPR-RI bergerak dibidang hukum, hak asasi manusia dan keamanan. Pada masa kerja 2004-2009 Fahri bertugas di Komisi III yang membidangi hukum dan menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III. Pada masa kerja 2009-2014, Fahri dipindahkan ke Komisi VI yang membidangi antara lain BUMN dan perdagangan, sekaligus menjadi anggota Badan Kehormatan DPR menggantikan Ansory Siregar. Posisinya sebagai Wakil Ketua di Komisi III tersebut digantikan oleh Nasir Djamil, rekannya di fraksi PKS.


Fahri yang aktif di organisasi-organisasi mahasiswa Islam di Jakarta itu turut membidani kelahiran Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan menjabat sebagai Ketua I (1998-1999). Fahri ikut serta mengorganisir gerakan-gerakan melawan rejim Orde Baru bersama KAMMI.


Setelah jatuhnya Presiden Soeharto, Fahri bersama gerakannya tetap mendukung presiden baru, B.J Habibie, meskipun sebagian besar mahasiswa saat itu mulai menentang Presiden Habibie yang dianggap tidak berbeda dengan pendahulunya.


Pria yang sempat duduk menjadi wakil ketua DPR-RI menerima konflik internal dengan PKS dan meminta Fahri mengundurkan diri dari jabatan wakil ketua DPR-RI tersebut.