Erwin Aksa

LahirUjung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, 7 Desember 1975
Profesi
Karier
  • Pengusaha Indonesia
Erwin Aksa merupakan pengusaha asal Ujung Pandang yang juga aktif di dunia politik Tanah Air. Putra dari Aksa Mahmud, pengusaha asal Sulawesi Selatan ini menempuh pendidikannya di jurusan ekonomi di University of Pittsburgh, Pennsylvania.

Kemudian dia mulai berkarier di perusahaan keluarganya dengan menjadi Executive Director & Deputy VPD PT Semen Bosowa Maros pada 1997. Tahun 2005, Erwin menjadi direktur utama PT Bosowa Energi. Kariernya semakin melejit dan diapun dipercaya menjadi President Director Bosowa Corporation.

Keponakan dari Jusuf Kalla ini aktif juga di Partai Golkar dan menjadi bagian dari kepengurusan partai pohon beringin itu. Namun, dia dipecat dari kepengurusan Golkar karena menyatakan dukungan terhadap Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam ajang Pilpres 2019. Menurutnya, berbeda pendapat merupakan hal lumrah dalam keluarga besarnya.

Hal serupa juga pernah Erwin tempuh saat Pilgub DKI Jakarta 2017. Kala itu Erwin menyatakan dukungannya kepada pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno meskipun partainya bukan salah satu partai yang mengusung pasangan tersebut. Nama saat itu Erwin menjadi pembicaraan ketika meminjamkan helikopternya kepada Anies Baswedan sebelum melakukan pertemuan dengan Basuki Tjahaja Purnama.