STOP PRESS! Setya Novanto Dijebloskan ke Rutan KPK

Eka Kurniawan

Eka Kurniawan

Lahir
Tasikmalaya, 28/11/1975
Profesi
Penulis (Sastrawan) (1999-2016)
Agama
Islam
Karier
  • Penulis (Sastrawan) (1999-2016)
Pendidikan
  • Filsafat Universitas Gadjah Mada (1993-1999)

Eka Kurniawan adalah Novelis Indonesia yang namanya mulai mencuat di dunia penulisan internasional. Eka telah menerima beberapa penghargaan.


Dia dikenal dengan karyanya Cantik Itu Luka yang dirilis tahun 2002. Novel ini telah diterbitkan ke dalam bahasa asing. Setelah berkali-kali Indonesianis dari Cornell University, Ben Anderson, meyakinkannya untuk menerjemahkan novel itu ke dalam bahasa Inggris. Tak hanya Ben, Tariq Ali ikut meyakinkan Eka, dengan langsung datang ke Jakarta. Naskah terjemahan Inggrisnya di Verso Books, yang salah satu editornya adalah Perry Anderson, adik Ben.


Belakangan, novelnya yang lain pun Manusia Harimau juga diterjemahkan ke dalam bahasa asing. Baru-baru ini dia merilis novel terbarunya, O.


Eka adalah Sarjana Filsafat dari Universitas Gadjah Mada. Cerpen pertamanya dimuat di harian Bernas, Yogyakarta, dengan judul: Hikayat Si Orang Gila. Skripsinya "Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis", telah diterbitkan sebagai buku juga.


Eka menulis sejak SMA, namun ketika tinggal dan kuliah di Yogyakarta dia sangat produktif. Di SMA-nya Eka mencetak sejarah sebagai alumni yang pertama kali kuliah di UGM.


Sehari-hari, selain menulis novel, bersama istrinya, Ratih Kumala, Eka juga ikut membantu menulis cerita untuk sinetron.