Dua Lipa

Penyanyi Inggris
LahirLondon, Inggris, 22 Agustus 1995
ProfesiPenyanyi Inggris
Karier
  • Penyanyi Inggris

Dua Lipa adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan model berkebangsaan Inggris.Karier musiknya dimulai pada usia 14, saat dia mulai mengcover lagu oleh artis seperti Christina Aguilera dan Nelly Furtado di YouTube.

Pada bulan Desember 2016, sebuah film dokumenter tentang Lipa diterbitkan oleh majalah Fader, berjudul See in Blue. Pada bulan Januari 2017 dia memenangkan EBBA Public Choice Award. Album debutnya dirilis pada 2 Juni 2017.

Pelantun “Blow Your Mind” ini lahir di London pada tanggal 22 Agustus 1995. Ia memiliki keturunan detnis Albania dari Kosovo. Ayahnya Dukagjin Lipa adalah seorang penyanyi rock Kosovo Albania.

Pada tahun 2015, Lipa mulai mengerjakan album debutnya bersama Warner Bros. Records dan merilis single pertamanya "New Love" yang diproduksi oleh Emile Haynie dan Andrew Wyatt.

Dia merilis single keduanya "Be the One", yang ditulis oleh Lucy "Pawws" Taylor, pada bulan Oktober 2015. " Be the One" meraih kesuksesan di seluruh Eropa, mencapai nomor satu di Belgia, Polandia dan Slovakia, serta masuk dalam 10 besar di lebih dari 11 wilayah Eropa.

Lagu-lagunya juga berhasil memuncaki tangga lagu di Australia dan Selandia Baru. Pada tanggal 30 November 2015, dia didapuk sebagai salah satu pengisi acara di BBC Sound of 2016 yang dimulai pada bulan Januari 2016 dan berakhir pada bulan November 2016.

Pada tanggal 26 Agustus, dia merilis single kelimanya yang bejudul "Blow Your Mind (Mwah)". Lagu ini berhasil menghantarnya pada posisi 72 di Billboard Hot 100 AS. "Blow Your Mind (Mwah)" juga menduduki puncak tangga lagu 'Billboard Dance Club Songs dan mencapai nomor 23 di bagan Billboard Mainstream Top 40. Pada bulan Januari 2017, Martin Garrix merilis single "Scared to Be Lonely" bersama Lipa.

Dalam ajang Brit Awards 2018, Lipa menjadi salah satu musisi yang mendapatkan lebih dari satu penghargaan. Lipa mendapatkan penghargaan kategori British Female Solo Artist dan British Breakthrough Act.