Dhani Ahmad Prasetyo

Dhani Ahmad Prasetyo

timeter overall

-16
Lahir
Surabaya, 26/05/1972
Profesi
Penyanyi, Pencipta Lagu, Produser Seniman (-)
Karier
  • Penyanyi, Pencipta Lagu, Produser Seniman (-)
Pendidikan
  • SMA 2 Surabaya (1987-1990)

Dhani Ahmad Prasetyo adalah politisi dengan latarbelakang musisi. Dhani dikenal sebagai leader supergroup Indonesia Dewa19 dan salah satu musisi Indonesia yang produktif. Dhani memilik beberapa album, baik bersama Dewa19 maupun solo. Dhani memimpin sebuah menegemen artis bernama Republik Cinta. Tahun 2014, Dhani ditunjuk sebagai Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin  (Lesbumi), yang bernaung dibawah Nahdlatul Ulama. Dhani aktif di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak Gus Dur masih hidup.


Dhani belakangan dikenal sebagai public figure yang suka bicara blak-blakan dan mengundang kontroversi. Ketika pemilihan Presiden 2014, Dhani termasuk pendukung Prabowo-Hatta Rajasa yang cukup bersemangat. Dia membuat jinggel dukungan untuk Prabowo-Hatta Rajasa yang mirip lagu Queen, salah satu band favoritnya. Dhani telah menciptakan banyak lagu untuk Dewa19 dan beberapa musisi lain. Album politis Dhani terlihat dalam album Ideologi Sikap Otak. Beberapa lagu dalam album itu, mirip dengan soundtrack film Kuledesak (1998).


Dhani, bersama Bebi Romeo pernah menggarap lagu Aku Cinta Kau dan Dia dan Andai Aku Bisa. Mereka berdua juga sering terlihat sebagai juru acara pencarian bakat X-Factor. Setelah Dewa19 vakkum, Dhani pernah bekerjasama dengan musisi asing dalam proyek The Rock, dimana Dhani menjadi pemimpin band itu. Dia juga punya band lain, TRIAD, yang isinya anak-anak band muda Indonesia. Dhani tak ketinggalan mengorbitkan ketiga anak laki-lakinya dalam Band Lucky Laki.