Christopher Nolan

LahirLondon, 30 Juli 1970
Profesi
Karier
  • Sutradara Film Seniman
Pendidikan
  • Haileybury College, Hertfordshire, Inggris
  • Sastra Inggris di University College London

Nama Christopher Nolan tidak bisa diacuhkan publik internasional sebagai seorang sutradara, penulis, dan produser film keturunan Inggris-Amerika. Nolan lahir di London pada 30 Juli 1970, dari ayah, berkebangsaan Inggris, yang bekerja sebagai pegawai periklanan dan ibu, berkebangsaan Amerika, yang juga seorang pramugari.

Masa kecil Nolan dihabiskan di London dan Chicago. Awalnya Nolan lebih tertarik pada botani, namun setelah dia menemukan kamera milik ayahnya, dia mulai bermain dan membuat film dengan berbekal mainannya pada umur 7 tahun.

Nolan sekolah pada Haileybury College, sebuah sekolah independen di Hertford Heath di Hertfordshire, Inggris. Dia juga sempat mendalami Sastra Inggris di University College London, yang juga dibarengi dengan beberapa pembuatan film di kampus. Nolan juga memiliki kewarganegaraan ganda, yaitu Amerika dan Inggris.

Nama Christopher Nolan terkenal karena beberapa film yang disutradarainya, seperti thriller psikologo MEMENTO, action-thriller ilmiah INCEPTION, juga karena menghidupkan kembali BATMAN. Beberapa aktor yang sering bekerja sama dengannya adalah Christian Bale, Michael Kane, Cillian Murphy dan Ken Watanabe.

Kesuksesan rupanya tidak membuat Nolan cepat puas. Terbukti, dirinya sekali lagi menjadi sutradara untuk film INSOMNIA, yang merupakan remake dari film Norwegia berjudul sama, dengan beberapa perubahan mayor pada plot dan karakterisasi.

Pada 2005, Nolan dan penulis naskah untuk film BLADE, David S. Goyer, meyakinkan pihak Warner Bros Pictures untuk menghidupkan kembali Batman, yang sempat mengecewakan, dengan kegagalan yang terjadi pada 1997. Akhirnya, pada 15 Juni 2006, BATMAN BEGINS berhasil diluncurkan dan menjadi juara box office karena berbagai kelebihan yang berhasil diciptakan Nolan. BATMAN BEGINS menjadi juara umum pada acara Saturn Awards, juga Best Fantasy Film, Best Actor untuk Christian Bale, dan Best Writing untuk Nolan dan Goyer. Film ini juga sempat dinominasikan untuk Oscar untuk kategori Best Cinematography.

Setahun setelahnya, sebuah film berjudul THE PRESTIGE dirilis, yang mendapat respon positif dan menghasilkan laba sampai 109 juta dolar AS di seluruh dunia. Hanya berselang beberapa bulan setelah film THE PRESTIGE dirilis, Nolan memastikan bahwa sekuel Batman akan dibuat dengan judul THE DARK NIGHT. Film ini mulai diproduksi pada awal 2007 dan dirilis pada 16 Juli 2008 di Australia dan 18 Juli 2008 di Amerika. Beberapa kritikus menyebut film ini sebagai film berdasarkan komik terbaik yang pernah ada. Film ini juga sukses besar, dengan pendapatan lebih daro 158 juta dolar AS.

Lagi-lagi film garapan Nolan ini mendapat banyak penghargaan, seperti 2009 Golden Globe Awards untuk Heath Ledger sebagai Best Supporting Actor. Film ini juga dinominasikan untuk delapan kategori piala Oscar, dan memenangkan dua di antaranya, yaitu Best Sound Editing dan Best Suppirting Actor untuk mendiang Heath Ledger.

Setelah kesuksesan ini, Nolan dikontrak untuk menyutradarai film fiksi-ilmiah INCEPTION. Film ini meraih tanggapan yang sangat positif dari masyarakat di seluruh dunia. Proses pembuatannya dimulai pada musim panas 2009 dan dirilis pada 16 Juli 2010.

Pada 10 Maret 2010, Nolan telah memastikan bahwa dia dan David Goyer sedang menggarap Superman. Selain itu, Nolan juga memastikan bahwa akan segera ada sekuel dari THE DARK NIGHT yang akan menjadi seri terakhir yang memberikan kesimpulan dari semua film yang pernah ada.