Bondan Winarno

Penulis dan Presenter Indonesia
LahirSurabaya, Jawa Timur, Indonesia, 29 April 1950
ProfesiPenulis dan Presenter Indonesia
Karier
  • Penulis dan Presenter Indonesia

Bondan Winarno adalah penulis dan presenter acara kuliner. Bondan meninggal dunia pada 29 November 2017 di usianya yang ke 67 tahun di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.

Lelaki kelahiran Surabaya 29 April 1950 itu merupakan pelopor berdirinya komunitas  Jalansutra, sebuah komunitas wisata kuliner di Indonesia. Selain itu, Bondan juga mendirikan Kopitiam Oey. Nama Bondan mulai dikenal oleh masyarakat setelah menjadi presenter dalam acara kuliner di Trans TV.

Semasa hidupnya, Bondan pernah ditugaskan ke Kenya ketika dia menjadi seorang wartawan. Bondan juga merupakan penulis karya sastra seperti cerpennya yang berjudul Gazelle. Cerpen ini memenangkan lomba penulisan cerpen majalah Femina tahun 1984.

Presenter yang terkenal dengan jargon "Pokoe maknyus” ini karya tulisannya diterbitkan di  Kompas, Sinar Harapan, Suara Pembaruan dan Tempo. Dia juga dikebnal sebagai wartawan investigasi yang membongkar Kasus Bre-X tentang emas di Pulau Kalimantan Pada 1997.

Pada usia remaja, dia pernah mendapatkan Baden Powell Adventure Award saat dia menjadi pemimpin regu Indonesia dalam Boy Scouts World Jamboree di Farragut State Park, Idaho, Amerika Serikat.

Bondan pernah berkarier menjadi Juru kamera Puspen Hankam pada 1969-1970. Selain itu Bondan juga pernah menjadi Komisaris Independen PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk pada 2009. Dia juga pernah menjadi Pemimpin Redaksi Suara Pembaruan sejak 2001 hingga 2003.


Sumber data:

https://tirto.id/pakar-kuliner-bondan-winarno-meninggal-cAR4

https://id.wikipedia.org/wiki/Bondan_Winarno