Bambang Trimansyah

LahirTebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Indonesia, 29 Juni 1972
Profesi
Karier
  • Praktisi bidang penulisan & penerbitan
  • Founder & CEO Institut Penulis Indonesia (InstitutPenulis.id).
Pendidikan
  • Universitas Padjajaran Bandung

Bambang Trimansyah adalah seorang praktisi di dunia penulisan dan penerbitan buku. Sejak tahun 1994 ia telah berkiprah di industri penerbitan Indonesia. Bambang mendalami secara serius ilmu editing. Ia sempat mengenyam pendidikan publishing science (D3 dan S1) di Universitas Padjajaran Bandung. Kariernya sebagai editor dimulai sejak 1995 hingga saat ini. Ratusan buku karya editingnya telah dipublikasikan. Beberapanya sukses mencetak predikat best seller.

Bambang Trim adalah penulis lebih dari 160 judul buku sejak 1994. Ia menulis berbagai jenis buku, seperti buku pelajaran, buku motivasi religi, buku anak-anak, buku how to, buku pengembangan diri, biografi atau autobiografi, dan banyak lagi.

Ia juga dikenal sebagai ghost writer dan co-writer yang telah membantu banyak orang dan institusi atau lembaga di Indonesia. Di antara kliennya adalah KPK, PT Badak NGL, PT Takaful Indonesia, PT Prudential Indonesia, PT Furukawa Indonesia, Yayasan Melati Samarinda, Australia-Indonesia Partnership for Justice, Penerbit PPM, Penerbit Bumi Aksara, Ikapi DKI, Ikapi Pusat, dan banyak lagi.

Ia pernah menjadi dosen di tiga PTN dan guru menulis di sebuah SMA. Sejak tahun 2000 Bambang Trim telah berbagi tentang menulis dan menerbitkan buku. Ia kini memimpin Akademi Literasi dan Penerbitan Indonesia (Alinea) Ikapi dan menggagas kursus daring penulisan-penerbitan.

Bambang Trim telah menjadi pembicara di depan ribuan audiens, di antara pengundangnya adalah BPK, KPK, BPKP, LIPI, Sekretariat Negara Wapres RI, Kemen PUPR, Kemenkeu, Kemenperin, Kemnaker, Kemdikbud, Bank Syariah Mandiri, Bank Babel Sumsel, Persatuan Editor Malaysia, UI, Unpad, ITB, UB, ITS, Univ. Jambi, IPDN Sumbar, Univ. Muhammadiyah Malang, dan banyak lagi.