Bambang Pamungkas

LahirSemarang, Jawa Tengah, Indonesia, 10 Juni 1980
Profesi
Karier
  • Striker Timnas Indonesia
  • Striker Persija Jakarta
Pendidikan
  • Taman Kanak-kanak Bangun 1 Getas Kab. Semarang (1984-1986)
  • SD Negeri Kauman Lor 3 Getas Kab. Semarang (1986-1992)
  • SMP Negeri 1 Salatiga (1993-1996)
  • SMU Negeri 1 Salatiga (1997-1999)

Bambang Pamungkas atau yang lebih dikenal dengan nama Bepe adalah seorang pemain sepak bola Indonesia yang bermain untuk Persija Jakarta di Liga Super Indonesia dan Tim Nasional Indonesia. Bambang Pamungkas berposisi sebagai striker senior dan striker terbaik yang dimiliki oleh Timnas Indonesia. Ia dikenal sebagai pesepakbola yang low profile dan tenang ketika sedang berada di lapangan.

Sejak kecil pemain yang membela skuad Persija Jakrta dengan nomor punggung 20 ini sudah menggeluti sepak bola. Bepe kecil tergabung di beberapa klub lokal sejak ia masih berusia 8 tahun. Bepe beraksi di rumput hijau tingkat internasional pertama kali sebagai pemain timnas U-19 di turnamen Piala Asia. Ketika itu, Bepe berhasil mengantongi gelar "Top Scorer” dengan mencetak tujuh gol selama turnamen berlangsung. Prestasi tersebut memberinya modal untuk mencoba seleksi pemain Persija pada tahun 1999 dan ia pun lolos.

Bepe menjaring 24 gol pada musim pertamanya di Liga Indonesia walaupun tim yang diwakilinya bersama Persija Jakarta gagal melaju ke babak akhir. Saat musim tersebut berakhir, Bepe bergabung dengan sebuah tim divisi 3 Belanda, EHC Norad, namun kontrak tersebut harus berakhir atas keputusan bersama.

Pada tahun 2005 Bepe menandatangani kontrak dengan Selangir FC. Pada tahun itu dia menjadi pencetak gol terbanyak Liga Malaysia dengan 22 gol. Pada musim 2007 ia kembali memperkuat Persja Jakarta di Liga Indonesia.

Saat ini Bambang menjadi pemegang rekor penampilan terbanyak dan Top skorer untuk Indonesia dengan 77 penampilan dan 36 gol sesuai dengan pertandingan katagori A FIFA. Tetapi jika mengikutkan pertandingan Non-FIFA (termasuk melawan Klub dan Tim Nasional U-23) maka penampilan Bambang adalah 88 dengan 42 gol. Pada tanggal 1 April 2013, Bambang Pamungkas menyatakan pensiun dari Timnas Indonesia.