Aliya Shagieva

Lahir-
Profesi
Karier
  • Aktivis Sosial Kyrgyzstan

Aliya Shagieva adalah anak perempuan termuda presiden Kyrgyzstan, Almazbek Atambayev. Nama Aliya Shagieva menjadi pembicaraaan netizen setelah mengunggah foto dirinya berpakaian dalam dan menyusui bayinya di media sosial. setelah menyadari adanya kontroversial, ia pun mencabut unggahannya setelah dituding memiliki perilaku tidak bermoral.

Dalam wawancara eksklusif dengan BBC, ia mengatakan perdebatan itu menunjukkan adanya budaya hiperseksual terhadap tubuh perempuan. Akibat kontroversi yang terjadi, ia memberi pernyataan bahwa generasi yang lebih muda tidak terlalu konservatif seperti orangtua mereka.

Shagieva aktif di media sosial, termasuk mengunggah karya seni dan foto dirinya dan suami serta bayinya yang ditampilkan secara hati-hati, seringkali dengan latar belakang pemandangan. Shagieva juga pendukung aktif anak-anak penyandang Downs syndromedan hak binatang, tetapi jelas tidak memiliki ambisi politik.
Dalam konteks masyarakat tradisional Muslim pascaSoviet, Aliya Shagieva sangat berani dan berbeda. Dia sangat terbuka, membagikan pengalamannya dimasa kecil yang kesepian karena orangtua yang sibuk.