Alfian Tanjung

Pakar Anti Komunis di Indonesia
Lahir-
ProfesiPakar Anti Komunis di Indonesia
Karier
  • Pakar Anti Komunis di Indonesia

Drs. M Alfian Tanjung, MPd merupakan Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) yang juga merupakan Wakil Ketua Komite Dakwah Khusus MUI Pusat. Ustadz Alfian Tanjung dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Teten melaporkan Alfian karena ceramahnya menyinggung soal Partai Komunis Indonesia (PKI).

Salah satu video ceramah ustaz Alfian Tanjung yang sangat menohok, yakni ketika ia membeberkan daftar 10 tokoh PKI yang cukup terkenal. Sebagian besar dari tokoh-tokoh yang disebut Alfian Tanjung itu merupakan anggota DPR RI dan pejabat negara.

Ceramah itu disampaikan Alfian Tanjung di Solo dan diunggah ke Youtube pada 24 Desember 2016 oleh akun islam channel 01. Video tersebut berdurasi 52 menit 16 detik.

Hingga Minggu (29/1/2017) video tersebut sudah dilihat 940,876 kali. Dalam video tersebut, Alfian Tanjung mengawali ceramahnya dengan mengutip pernyataan kader PKI bernama Sudisman sebelum dihukum mati.

Alfian Tanjung adalah seorang Ustadz yang juga merupakan pengamat atau Pakar Anti Komunis di Indonesia. Tanjung juga pernah mengungkapkan bahwa gerakan komunis selama ini sudah berjalan secara masif. 

Alfian Tanjung juga aktif berorganisasi, ia merupakan pimpinan Taruna Muslim sebuah organisasi yang kerap menyuarakan kewaspadaan terhadap bangkitnya PKI. Selain itu, Alfian Tanjung merupakan Ketua Departemen Kajian Strategis DPP Gerakan Bela Negara peride 2015-2020.

Pada Selasa (30/5/2017) Alfian ditangkap karena diduga melakukan fitnah dan pencemaran nama baik dengan mengungkit Partai Komunis Indonesia dalam ceramahnya di masjid Mujahidin, Surabaya. Ia dilaporkan oleh seorang warga Surabaya, Jawa Timur, bernama Sujatmiko.

Selain itu, Alfian juga dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena menyebut kader PDIP dan orang dekat Presiden Joko Widodo adalah PKI.