Ahmad Hanafi Rais

LahirChicago, Amerika Serikat, 9 September 1979
Profesi
Karier
  • Wakil Ketua Komisi I DPR RI (2014-2019)
Pendidikan
  • S1, Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • S2, Kebijakan Publik, National University of Singapore (NUS), Singapura 

H. Ahmad Hanafi Rais, S. I. P., M. P. P. adalah anak tertua dari Mantan Ketua MPR-DPR RI, Prof. Dr. H. Amien Rais. Ia pernah menjadi dosen di Universitas Gajah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Lembaga Ketahanan Nasional, dan Akademi Militer Magelang. Sekarang, ia aktif menjadi pembantu umum di Yayasan Budi Mulia Dua.

Tahun 2011, Hanafi mencalonkan diri sebagai Walikota Kota Yogyakarta dengan menggandeng Tri Harjun Ismaji sebagai wakilnya. Namun, pasangan ini kalah dengan Haryadi Suyuti-Imam Priyono.


Tokoh muda yang dikenal di Yogyakarta ini adalah salah satu anggota DPR RI yang berbasis keilmuan Hubungan Internasional.
Pada pemilu Legislatif 2014, Hanafi mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (meliputi Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Sleman, dan Kota Yogyakarta) lewat Partai Amanat Nasional dengan nomor urut 1. Kali ini, Hanafi lolos menjadi anggota DPR RI dengan perolehan suara terbanyak se-Daerah Istimewa Yogyakarta.


Hanafi bertugas menjadi Wakil Ketua Komisi I DPR-RI yang membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi dan informatika.