Adolf Hitler

Kanselir Jerman (1933 - 1945)
LahirBraunau am Inn, Austria, 20 April 1889
ProfesiKanselir Jerman (1933 - 1945)
Karier
  • Kanselir Jerman (1933-1945)


Adolf Hitler adalah seorang politisi Jerman yang merupakan pemimpin Partai Nazi atau dalam Bahasa Jerman Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP), yaitu Partai Buruh Nasional-Sosialis Jerman. Dii usia 44 tahun Hitler menjadi Kanselir Jerman dari 1933-1945 dengan gelar Führer und Reichskanzler. Dia juga merupakan tokoh Perang Dunia II.


Veteran Perang Dunia I ini pertama kali bergabung dengan NSDAP pada 1919 dan pada 1921 diangkat menjadi ketua dari partai tersebut.. Di tahun 1923, Hitler melancarkan aksi kudetanya di Munich yang terkenal dengan peristiwa Beer Hall Putsch namun kudeta ini gagal dan mengantarkan dia ke penjara. Di penjara, dia menulis buku memoarnya yang terkenal yaitu Mein Kampf. Pada 1924 dia bebas dari penjara dan memulai propaganda Nazi-nya. Lewat pidatonya yang kharismatik dan berapi-api dalam menjunjung Pan-Jermanisme, antisemitisme, dan anti-komunisme, dia mampu mendapatkan dukungan dari rakyat Jerman.


Setelah diangkat menjadi Kanselir pada 1933, kekasih dari Eva Braun ini mengubah Republik Weimar menjadi Reich Ketiga. Dia menancapkan kediktatorannya lewat kebijakan satu partai yang didasarkan pada ideologi Nazisme yang totalitarian dan otokratik. Invasinya terhadap Polandia pada September 1939 menyebabkan pecahnya Perang Dunia II. Selama Perang Dunia II Jerman di bawah pimpinan Hitler mampu menguasai sebagian besar Eropa dan Afrika Utara.


Pada 1943 Jerman mulai mengalami beberapa kekalahan dalam perang. Puncaknya pada akhir April 1945, angkatan darat Uni Soviet menyerang Berlin dari timur di bawah pimpinan Georgy Zhukov dan Ivan Konev, peristiwa itu disebut Pertempuran Berlin. Sementara itu di tengah pertempuran yang sedang berkecamuk, pada 29 April 1945 Hitler menikahi Eva Braun di sebuah banker di Reichskanzlei (kantor Kanselir Jerman). Pada 30 April 1945, Hitler dan Braun bunuh diri untuk menghindari ditangkap oleh tentara Uni Soviet. Eva Braun menelan kapsul sianida, sedangkan Hitler menembak kepalanya. Kemudian jasad keduanya dibakar oleh tentara Soviet.