Acha Septriasa

LahirMinangkabau, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia, 1 September 1989
Profesi
Karier
  • Aktris Indonesia

Jelita Septriasa atau yang lebih dikenal dengan nama Acha Septriasa adalah seorang aktris kelahiran Minangkabau, 1 September 1989. Ia mengawali karir di dunia hiburan dengan menjadi Gadis Sampul 2004. Acha membintangi film perdanannya yang berjudul “Apa Artinya Cinta” pada tahun 2005 sebagai pemain pendukung Shandy Aulia.

Namanya semakin dikenal publik setelah sukses menjadi pemeran utama sekaligus menjadi penyanyi lagu tema dari film “Heart” berduet bersama kekasihnya Irwansyah dan berperan bersama Nirina Zubir. Album tema yang dinyanyikan tersebut mendapatkan penghargaan double platinum untuk kategori Original Sountrack pada tahun 2005.

Lagu-lagu duet yang ia nyanyikan bersama Irwansyah seperti My Heart, Pecinta Wanita, dan Sampai Menutup Mata berada di daftar teratas radio-radio Malaysia. Selain film “Heart”. Ia bersama Irwansyah kembali membintangi film yang berjudul “Love is Cinta dan sinetron “Andai Aku Tahu”

Tak sedikit penghargaan yang diraih oleh Acha selama berkarir di dunia perfilman, seperti “Leading Actress” (Aktris Terbaik) Guardians e-Awards pada tahun 2008, dinobatkan sebagai “Star of the Year” oleh Mellyana’s Guardians pada tahun 2008, Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam ajang Piala Citra Festival Film Indonesia pada tahun 2012 melalui film Test Pack.

Selain itu Acha sempat masuk dalam nominasi Pemeran Wanita Terbaik dalam festival Film Indonesia melalui film Love is Cinta pada tahun 2007.

Berkat penghargaan yang diperolehnya, pada tahun 2007 Acha menempati posisi ke-empat dalam daftar “Highest-Paid Actresses” dengan honor Rp 180 juta per film, ia berada di bawah Dinna Olivia Rp 180 juta per film, Luna Maya Rp 200 juta per film, dan Nirina Zubir Rp 250 juta per film.

Acha sempat dikabarkan menerima honor Rp 250 juta dari film Love pada tahun 2008 karena menjadi pemeran utama diantara nama-nama besar seperti Wulan Gurtino, Fauzi Baadilla, Laudya Chintya Bella, Irwansyah serta Luna Maya. Setelah berhasil membintangi film tersebut, Acha kembali diberitakan mengalami kenaikan honor berkisar antara Rp 250-280 juta per film.

Tercatat sudah 32 judul film, 4 sinetron, 2 album mini, dan 3 album kompilasi yang telah ia hasilkan selama berkarir di dunia hiburan.