tirto.id - Layanan mobile bankingPT Bank Central Asia (BCA) Tbk mengalami gangguan yang menyebabkan transaksi pengguna tidak dapat diproses pada Rabu (19/12/2018) pagi ini.
Corporate Secretary BCA, Jan Hendra pun menjelaskan bahwa pengguna sementara dapat beralih ke layanan ATM atau Klik BCA.
“Layanan Cabang, ATM dan KlikBCA Bisnis masih tetap berfungsi dengan normal. Mohon maaf atas ketidaknyamanan,” ucap Hendra dalam rilisnya pada Rabu (19/12).
Direktur BCA Santoso Liem mengatakan gangguan layanan mobile banking yang dialami oleh konsumen merupakan kendala teknis akibat maintenance atau pemeliharaan database.
Menurut Santoso, diperkirakan pada pukul 10.00 WIB seluruh sistem dan layanan perbankan BCA sudah bisa kembali normal. Masyarakat dan nasabah pun bisa menggunakan seluruh layanan yang tersedia di BCA.
Selain penggunaan layanan alternatif, pada Rabu pukul 03.59 WIB, HaloBCA dalam Twitter-nya juga menginformasikan kepada konsumen bahwa layanan ini akan segera dapat digunakan pada siang hari.
Pada Selasa (18/12/2018) malam, layanan M-hard newBanking BCA mengalami kendala yang disebabkan karena proses maintenance pada akhir penutupan operasional perbankan.
Dalam proses transaksi di M-Banking, konsumen mendapati tulisan “Sementara Transaksi tidak dapat diproses”. Hingga saat ini, BCA mengaku masih berupaya mengembalikan layanan tu secepatnya.
“Pada hari Selasa, 18 Desember 2019 malam, kami melakukan maintenance pada akhir penutupan operasional. Pada saat dilakukan proses tersebut, ditemukan kendala sistem,” ucap Hendra.
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Maya Saputri