Luna Maya Jadi Pengisi Suara Film Mulan Versi Bahasa Indonesia

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 20 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Luna Maya, Yuki Kato hingga Dion Wiyoko akan jadi pengisi suara film Mulan versi bahasa Indonesia.
tirto.id - Aktris dan model Luna Maya menjadi pengisi suara karakter utama dalam film Mulan versi bahasa Indonesia. Luna menyatakan ia merasa terhormat telah dilibatkan dalam film favoritnya tersebut.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya telah diberi kesempatan untuk menyumbangkan suara untuk salah satu film Disney favorit saya, Mulan. Saya menonton film animasi saat masih kecil dulu dan kisah Mulan mampu menghadapi segala rintangan telah menjadi salah satu inspirasi bagi saya,” ujar Luna melalui rilis resmi Disney+ Hotstar, Kamis (19/11/2020).

Luna akan mengisi suara karakter Xianniang yang merupakan sekutu dari penjahat di film tersebut, Bori Khan. Sementara karakter Mulan akan dimainkan oleh Yuki Kato, dan prajurit Honghui akan diisi oleh Dion Wiyoko.

Tak hanya itu, film Mulan juga akan memberi sentuhan lokal pada lagu ikonik dari Mulan. Yura Yunita, SIVIA, Agatha Pricilla, dan Nadin Amizah akan menyanyikan lagu “Reflection” yang dipopulerkan oleh penyanyi solo Christina Aguilera pada tahun 1998. Mereka akan berkolaborasi dan menghasilkan warna baru pada lagu tersebut.

Hasil kolaborasi keempat penyanyi berbakat tersebut akan tersedia di semua layanan streaming digital termasuk Apple Music, YouTube Music, Spotify, Joox, Deezer, dan Langit Musik mulai 20 November 2020.

Film live action Mulan telah dirilis sejak 4 September 2020 lalu yang dapat diakses secara daring melalui platform streaming Disney+. Sebelumnya, Disney juga pernah merilis versi animasinya pada tahun 1998 dan 2003.

Sinopsis Film Mulan (2020)


Mulan mengisahkan legenda Cina soal pejuang perempuan legendaris yang menjadi panutan bagi bangsa Hun. Perempuan tersebut bernama Hua Mulan.

Pada versi animasinya, dikisahkan Kekaisaran Cina yang sedang diserang oleh Bangsa Hun dari utara. Kaisar pun mengharuskan setiap keluarga menurunkan satu pria guna mengikuti wajib militer. Keluarga Mulan tidak memiliki pria lain selain ayahnya, sedangkan beliau telah tua renta.

Untuk itu, Mulan kabur dari rumah berniat menggantikan ayahnya. Dia membawa peralatan dan pakaian perang milik ayahnya. Mulan pun berpakaian mirip laki-laki agar bisa masuk ke dalam barak pelatihan para prajurit kekaisaran Cina.

Film ini diarahkan oleh sutradara Niki Caro, berdasarkan pada naskah yang ditulis oleh Elizabeth Martin, Lauren Hynek, Rick Jaffa, dan Amanda Silver.

Baru saja dirilis pada September lalu, film ini telah berhasil masuk ke tiga nominasi ajang penghargaan film Amerika Serikat. Salah satunya adalah People’s Choice Awards Amerika Serikat dalam kategori Film Aksi Terfavorit 2020.

Para pemain yang terlibat antara lain Yifei Liu, Donnie Yen, Li Gong, Jet Li, Jason Scott Lee, Yoson An, Tzi Ma, Rosalind Chao, Pei-Pei Chang, dan masih banyak lagi. Film Mulan memiliki durasi 1 jam 55 menit.

Mengutip Rotten Tomatoes, film Mulan mendapatkan penilaian 74 persen dan memperoleh skor penonton sebesar 50 persen. Sementara itu, IMDb memberikan penilaian sebesar 5,4 dari total 10.


Baca juga artikel terkait MULAN atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight