Formula 1

Luis Leeds, Pembalap Formula 4, Ingin Jadi Wakil Indonesia di F1

Oleh: Permadi Suntama - 13 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Luis Leeds, juara Formula 4 Australia 2019, mengaku ingin membawa nama Indonesia jika berkompetisi di Formula (F1) 2021.
tirto.id - Luis Leeds, pembalap Formula 4 berdarah Australia-Indonesia, mengaku ingin membawa nama Indonesia jika berkompetisi di Formula 1. Pembalap yang memiliki ibu asal Nganjuk, Jawa-Timur itu disebut menjadi incaran tim Red Bull untuk berkompetisi di Formula 1 2021.

Ketertarikan Red Bull tidak terlepas dari performa apik yang ditunjukkan oleh Luis Leeds kala menjadi juara Australian Formula 4 Championship 2019. Leeds berhasil mengumpulkan 365 poin dari 18 kali balapan, dan tercatat 17 kali naik podium, atau hanya sekali gagal masuk 3 besar.

Kendati Luis Leeds saat ini memiliki kewarganegaraan Australia, pembalap berusia 19 tahun itu mengaku ingin menjadi warga negara Indonesia jika akhirnya mesti berkompetisi di Formula 1. Hal tersebut disampaikan oleh manajernya, Stuart, yang menyebut Luis ingin menjadikan Indonesia sebagai bagian dari kesuksesannya.

“Kami benar-benar ingin masyarakat Indonesia menjadi bagian dari keberhasilan Luis, karena kami melihat Indonesia dan Australia benar-benar hidup di dalam diri Luis,” kata Stuart dikutip Antara pada Juni lalu.



Luis Leeds sendiri sudah berkunjung ke kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta dukungan dari pemerintah Indonesia untuk berkompetisi di Formula 1. Hal itu ditanggapi positif oleh Menpora Imam Nahrawi, yang menyebut pemerintah Indonesia siap memberikan dukungan kepadanya.

"Luis yang datang bersama-sama (Maria) kemari (Kemenpora) ingin memastikan bahwa Indonesia mendukung keinginannya untuk membawa nama baik Indonesia di Formula 1," tutur Imam Nahrawi, dikutip laman resmi Kemenpora.

"Tentunya Indonesia sangat memberikan dukungan penuh kepada Luis, baik saat nanti ia berusia 21 tahun untuk memilih kewarganegaraan maupun untuk tampil mewakili Indonesia di Formula 1,” tambahnya.

Luis Leeds sendiri tercatat sebagai pembalap muda tim Red Bull sejak 2016. Pada musim 2018, ia berkompetisi di Porchase GT3 Cup Challenge Australia. Leeds berada di posisi 10 setelah melakoni 12 kali balapan. Musim ini, seperti disebutkan di muka, ia berhasil menjadi juara Australian Formula 4 Championship 2019.

Pemuda berusia 19 tahun itu segera berkompetisi di Formula 4 South East Asia Championship 2019. Di kejuaraan yang akan dilaksanakan di negara-negara Asia Tenggara itu, Luis Leeds akan memperkuat tim Meritus GP.

“Ini akan menjadi satu harapan besar bagi masyarakat Indonesia. Karena itu, Luis akan kami kawal sehingga cita-citanya untuk mengharumkan nama Indonesia bisa terwujud dengan baik,” pungkas Nahrawi.

Baca juga artikel terkait FORMULA 1 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight