Luhut Menangis saat Menantunya, Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 29 Nov 2023 15:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Luhut Binsar Pandjaitan terlihat menangis saat memeluk Maruli Simanjuntak yang dilantik Jokowi menjadi KSAD.
tirto.id - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menangis saat menghadiri pelantikan Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Dalam pantauan, Luhut hadir dalam pelantikan dengan mengenakan jas hitam, dasi merah, dan menggunakan peci hitam. Ia pun terlihat berdiri di antara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menkopolhukam Mahfud MD.

Rambut Luhut terlihat memutih usai lama tak terlihat karena menjalani perawatan akibat sakit yang dideritanya.

Usai pelantikan, Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat pertama kali kepada Maruli, yang merupakan menantu dari Luhut.

Luhut langsung dipisahkan dari barisan tamu yang hendak menyalami Maruli. Jokowi langsung menemui Luhut dan berbincang sebentar usai menyalami Maruli. Istri Luhut Devi Simatupang pun langsung menghampiri Luhut.

Luhut menghadiri pelantikan Letjen Maruli Simanjuntak
Menko Marves Luhut Pandjaitan terharu saat mengikuti prosesi pelantikan Letjen Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Rabu (29/11/2023). Youtube/Sekretariat Presiden


Usai bersalaman dengan Jokowi, Luhut langsung menghampiri menantunya, Maruli Simanjuntak yang hadir bersama istrinya, Paulina Pandjaitan. Maruli melakukan salam hormat dan dibalas oleh Luhut.

Ia pun terlihat menampar tiga kali pipi Maruli yang pernah menjabat sebagai Danpaspampres itu dan langsung saling berpelukan. Didampingi istrinya, Devi Simatupang, Luhut terlihat menangis saat memeluk Maruli. Luhut juga menangis kala memeluk anaknya yang mendampingi Maruli.

Usai acara pelantikan, Maruli memahami tangisan Luhut sebagai sebuah kebanggaan karena sang menantunya bisa menjadi KSAD. Kata Maruli, Luhut sangat ingin menjadi KSAD, namun tak tercapai sehingga merasa terharu kala melihat menantunya bisa menjadi KSAD.

"Ya jadi kalau kita di bawa keluarga, Pak Luhut dulu juga punya cita-cita jadi KSAD, cuma ya sekarang cukup mantunya ajalah," kata Maruli usai pelantikan.

Maruli mengaku, Luhut langsung ingin hadir begitu mendapat kabar akan menjadi KSAD menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang ditunjuk Jokowi menjadi Panglima TNI. Maruli mengaku dapat wejangan dari Luhut agar membawa TNI AD lebih baik.

"Ya seperti biasa kalau Pak Luhut sudah mulai sembuh, pasti langsung perintah dan pekerjaan supaya Angkatan Darat bisa lebih baik lah," Kata Maruli.

Maruli pun mengatakan, Luhut mungkin akan tetap berada di Indonesia hari ini. Ia mengaku eks Menkopolhukam itu akan kembali ke Singapura lagi untuk kembali menjalani pengobatan.

"Mungkin kita acara di rumah malam, besok kembali lagi," kata Maruli.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN KSAD atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight