Menantu Luhut, Maruli Simanjuntak Resmi Jadi KSAD TNI

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 29 Nov 2023 14:28 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi resmi melantik Letjen Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).
tirto.id - Presiden Joko Widodo resmi melantik Letjen Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Pelantikan Maruli diawali dengan pembacaan surat keputusan Presiden nomor 103/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat yang dibacakan Sesmilpres Laksda Hersan.

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan sesuai agamanya yang dipandu oleh Jokowi. Maruli mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

"Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Maruli saat pelantikan, Rabu (29/11/2023).

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ungkap Maruli.

Usai pengucapan sumpah dilakukan prosesi penandatanganan dokumen yang disaksikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Maruli juga langsung mendapat kenaikan pangkat sesuai 104 TNI tahun 2023 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi TNI. Kemudian, Maruli langsung naik pangkat bintang 4 berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani per 29 November 2023. Jokowi pun langsung menyematkan tanda kepangkatan kepada eks Danpaspampres itu.

Turut hadir dalam pelantikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, KSAU Marsekal Fajar Prasetyo, KSAL Laksamana M. Ali dan sejumlah petinggi TNI dari berbagai matra serta petinggi Polri.

Sementara itu, menteri yang hadir Menkopolhukam Mahfud MD, Menko Marves Luhut B. Pandjaitan, Menhan Prabowo Subianto, Ketua Wantimpres Wiranto, Jaksa Agung ST Burhanuddin Seskab Pramono Anung. Selain itu hadir pula Ketua BPK Isma Yatun, Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus, Wakil Ketua MPR Syarief Hasan, Wakil Ketua Komisi I Meutya Hafidz, Wakil Ketua MA Sunarto.




Baca juga artikel terkait JOKOWI LANTIK MARULI SIMANJUNTAK JADI KSAD atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight