Longsor di Rejang Lebong Bengkulu, Sejumlah Jalan Tertimbun

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 28 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Beberapa ruas jalan tertimbun longsor di Rejang Lebong, Bengkulu.
tirto.id - Sejumlah jalan di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu tertimbun longsor yang terjadi akibat hujan deras yang melanda daerah itu sepanjang Jumat (26/4/2019), demikian menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki di Rejang Lebong, Sabtu (27/4/2019), mengatakan pihaknya menerima belasan laporan bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Rejang Lebong.

"Hujan deras yang terjadi mulai Jumat siang hingga malam selain menyebabkan banjir di sejumlah tempat juga terjadi tanah longsor yang diantaranya menimbun jalan, kendati demikian tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Beberapa ruas jalan yang tertimbun longsor tersebut kata dia, selain jalan kabupaten, jalan provinsi dan juga jalan negara. Dari beberapa titik ruas jalan yang tertimbun material longsor ini yang sudah berhasil mereka singkirkan adalah yang terjadi di Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah.

Material longsor yang menimpa Jalan Lintas Curup-Muara Aman, Kabupaten Lebong tepatnya di Desa Taba Renah, Kecamatan Curup Utara masih dalam penanganan pihaknya termasuk juga pembersihan material longsor yang terjadi di jalan kabupaten dalam Desa Sukarami, Kecamatan Bermani Ulu.

Pembersihan material longsor tersebut kata dia, berlangsung lama karena tebalnya timbunan tanah serta pepohonan yang menimpa sejumlah ruas jalan di wilayah itu kendati pembersihannya sudah dilakukan tim gabungan menggunakan dua unit alat berat milik BPBD dan dinas PUPR Rejang Lebong.

Lokasi lainnya yang terkena longsor ini ialah di Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah, kemudian di Desa Seguring, Kecamatan Curup Utara yang menyebabkan satu rumah terkena longsor, Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan. Desa Dataran Tapus, Kecamatan Bermani Ulu Raya dan beberapa lokasi lainnya.

Banjir juga menggenangi pemukiman warga dalam sejumlah desa di Kecamatan Curup Utara seperti Desa Perbo, Dusun Sawah, kemudian Desa Lubuk Ubar, Kecamatan Curup Selatan. Kelurahan Dusun Curup, Talang Rimbo Lama dan Talang Rimbo Baru, Tempel Rejo, Desa air Pikat serta beberapa lokasi lainnya.


Baca juga artikel terkait LONGSOR atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Maya Saputri