Timnas Indonesia U-23

Live Streaming Timnas U23 Indonesia vs Nepal Malam Ini Tayang TV?

Oleh: Iswara N Raditya - 22 Oktober 2021
Dibaca Normal 3 menit
Apakah jadwal pertandingan persahabatan Timnas U23 Indonesia vs Nepal malam ini dapat disaksikan via live streaming atau tayang di TV?
tirto.id - Jadwal Timnas U23 Indonesia vs Nepal dalam pertandingan persahabatan jelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 bakal digelar di Hisor Central Stadium, Tajikistan, Jumat (22/10/2021) jam tayang 19.00 WIB. Apakah laga uji coba Timnas Indonesia U-23 vs Nepal malam ini dapat disaksikan via live streaming atau tayang di TV?

Skuad U23 Indonesia dan Nepal menggelar laga uji coba internasional untuk persiapan sebelum tampil di Pra Piala Asia U-23 atau Kualifikasi AFC Cup U-23 2022 pada akhir Oktober 2021 ini. Timnas Indonesia U23 tergabung di Grup G yang tinggal menyisakan Australia setelah Cina dan Brunei Darussalam memutuskan undur diri.

Ada pun tim nasional Nepal U23 berada di Grup B dan bakal bersaing dengan tiga kontestan yang cukup kuat yakni Iran, Lebanon, dan Tajikistan yang sekaligus bertindak sebagai tuan rumah untuk kualifikasi Grup B dan Grup G. Di laga uji coba sebelumnya, Indonesia mampu menaklukkan Tajikistan dengan skor 2-1.

Jadwal Indonesia vs Nepal 2021: Prediksi Jelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022

Menjalani laga uji coba melawan Timnas Indonesia U23 tentunya amat berguna bagi skuad muda Nepal yang akan melawan Tajikistan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 nanti. Seperti diketahui, Garuda Muda di pertandingan persahabatan sebelumnya mengalahkan Tajikistan kendati sempat tertinggal terlebih dulu.

Gawang Timnas Indonesia U23 sudah bobol di menit 5 dalam duel kontra Tajikistan. Dengan semangat pantang menyerah, skuad asuhan Shin Tae-yong berhasil membalikkan keadaan berkat gol Hanis Saghara dan Bagus Kahfi sehingga skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan hingga pertandingan usai.

Kemenangan atas Tajikistan kendati hanya di laga uji coba menjadi nilai tambah bagi pasukan Garuda Muda. Pasalnya, Pratama Arhan dan kawan-kawan masih beradaptasi dengan cuaca dingin di Tajikistan dan bermain di atas rumput sintetis yang masih kurang familiar bagi sebagian besar pemain Timnas Indonesia U23.

"Alhamdulillah, kami mampu meraih kemenangan pada laga uji coba dan dapat membantu tim dengan mencetak gol. Namun masih banyak yang harus diperbaiki pada saya dan pemain-pemain lainnya. Apalagi kami terus beradaptasi dengan cuaca dingin Tajikistan dan lapangan sintetis," ungkap Hanis Saghara usai laga Timnas Indonesia U23 vs Tajikistan, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Saat tertinggal kami makin termotivasi untuk membalas dan membalikkan keadaan. Pelatih Shin Tae-yong juga berpesan agar terus bermain dengan penuh semangat, kerja keras, kurangi kesalahan dan jangan takut membuat kesalahan. Kekompakan semua pemain menjadi poin penting di laga ini," tambah striker muda ini.

Tajikistan memang telah ditunjuk oleh AFC selaku Konfederasi Sepak Bola Asia untuk menggelar pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup B dan Grup G sekaligus. Sebenarnya, laga-laga akan dihelat di tanah air, namun masih adanya aturan ketat kala itu mengenai masuknya orang dari luar negeri ke Indonesia terkait pandemi COVID-19 kala itu membuat AFC membatalkan keputusan tersebut.

Di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 nanti, Timnas Indonesia U23 akan 2 kali berduel melawan Australia sebagai dua tim tersisa penghuni Grup G karena Cina dan Brunei Darussalam mengundurkan diri.

Mundurnya Cina dan Brunei Darussalam membuat situasi Indonesia tidak menguntungkan di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Tim-tim yang lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-23 2022 adalah juara masing-masing grup ditambah 4 runner-up grup terbaik.

Meskipun peluang untuk lolos ke putaran final di Uzbekistan tahun depan cukup berat, namun Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI tetap optimistis Timnas Indonesia U23 mampu melaksanakan tugas negara dengan sebaik-baiknya.

"Fokus, disiplin, dan kerja keras harus selalu ditanamkan dalam benak pemain. Kami yakin meraih hasil terbaik melawan Australia nanti," tandas Mochamad Iriawan dilansir laman resmi federasi.


Timnas U23 Indonesia vs Nepal Disiarkan Live TV Mana?

Hingga berita ini ditulis, belum ada penjelasan resmi dari PSSI maupun federasi sepak bola Nepal (ANFA) maupun dari pihak stasiun televisi nasional apakah pertandingan antara Timnas U23 Indonesia vs Nepal akan disiarkan langsung televisi atau tidak.

Jika berkaca kepada pertandingan uji coba sebelumnya yakni antara Timnas Indonesia U23 vs Tajikistan, laga tersebut tidak disiarkan melalui televisi maupun live streaming alias digelar secara tertutup atas permintaan kedua belah pihak.

Jadwal Timnas Indonesia U23 Oktober 2021

Jumat, 22 Oktober 2021
Indonesia vs Nepal (Laga Uji Coba)

Rabu, 27 Oktober 2021
Indonesia vs Australia (Pra Piala Asia U23 Grup G)

Sabtu, 30 Oktober 2021
Australia vs Indonesia (Pra Piala Asia U23 Grup G)


Pembagian Grup Kualifikasi Piala Asia U23 2022

  • Grup A: Suriah, Qatar, Yaman, Sri Lanka
  • Grup B: Iran, Tajikistan, Lebanon, Nepal
  • Grup C: Irak, Bahrain, Afghanistan, Maladewa
  • Grup D: Arab Saudi, Bangladesh, Kuwait, Uzbekistan
  • Grup E: Uni Emirat Arab, Oman, India, Kirgistan
  • Grup F: Jordania, Palestina, Turkmenistan
  • Grup G: Australia, Indonesia, Cina (mundur), Brunei (mundur)
  • Grup H: Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina
  • Grup I: Vietnam, Myanmar, ChinaTaipei
  • Grup J: Thailand, Malaysia, Laos, Mongolia
  • Grup K: Hong Kong, Jepang, Kamboja, Korea Utara (mundur)


Daftar Pemain Timnas U-23 dan Posisinya

Kiper
Muchamad Aqil Savik (Persib Bandung), Muhamad Riyandi (Barito Putera), Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)

Belakang
Komang Tri Arta Wiguna (Bali United), Komang Teguh Trisnanda (Borneo FC), Bayu Mohamad Fiqri (Persib Bandung), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korea Selatan), Muhammad Firli (Barito Putera), Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya Surabaya), Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Pratama Arhan (PSIS Semarang)

Tengah
Feby Eka Putra (Arema FC), Natanael Siringo Ringo (Kelantan FA/Malaysia), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Beckham Putra (Persib Bandung), Braif Fatari (Persija Jakarta), Irsan Lestaluhu (Persipura Jayapura), Subhan Fajri (Persiraja Banda Aceh), Mohammad Kanu (Persis Solo), Eka Febri (PSIS Semarang), Genta Alparedo (Semen Padang), Gunansar Mandowen (Persipura Jayapura)

Depan
Rabbani Tasnim Siddiq (Borneo FC), Amiruddin Bagus Kahfi (Utrecht FC/Belanda), Ronaldo Kwateh (Madura United), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia), Taufik Hidayat (Persija Jakarta), Ramai Rumakiek (Persipura Jayapura), Hanis Sagara Putra (Tira Persikabo)

Pelatih
Shin Tae-yong

Baca juga artikel terkait JADWAL TIMNAS U23 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight