Live Streaming Debat Cawapres 2019 Ma'ruf Amin vs Sandiaga Uno

Oleh: Fitra Firdaus - 17 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Live streaming debat cawapres antara Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno dapat dilakukan pada Minggu (17/3/2019) pukul 20.00 WIB malam ini melalui siaran langsung Trans TV, Trans 7, Indosiar, Metro TV, hingga Kompas TV.
tirto.id - Live streaming debat calon wakil presiden (cawapres) antara cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin dengan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno dapat dilakukan pada Minggu (17/3/2019) pukul 20.00 WIB malam ini. Debat ini dapat dilihat melalui siaran langsung Trans TV, Trans 7, Indosiar, Metro TV, hingga Kompas TV.

Berbeda dengan debat-debat sebelumnya, debat pemilihan presiden (pilpres) kali ini hanya melibatkan cawapres dari masing-masing kubu. Debat ketiga dalam rangkaian lima debat yang disiapkan KPU ini diberi tema "Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Kebudayaan".



Terkait persiapan debat, Wakil Direktur saksi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Ahmad Baidowi mengatakan Ma’ruf Amin sudah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah pendidikan pendidikan pesantren untuk para santri. Hal ini tidak terlepas dari latar belakangnya yang sejak dahulu besar di lingkungan pesantren.

"Pak Ma'ruf Amin tentu menguasai pendidikan pesantren dan keagamaan. Tidak hanya pesantren, tapi pendidikan lainnya juga [akan dibahas]," ungkap Baidhowi kepada Tirto, Kamis (14/3/2019).

Sementara itu, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku akan membahas program libur sebulan saat puasa dalam debat kali ini. Menurut Sandi, hal tersebut untuk membangun karakter generasi muda di Indonesia.

"Ya, tentunya ini adalah salah satu terobosan yang akan kita bawa, bahwa saya waktu masih muda pernah merasakan libur, dulu, saat Ramadhan dan waktu anak-anak saya masih kecil, sekolah di Al-Azhar, waktu itu juga libur sebulan penuh," kata Sandiaga saat ditemui Tirto di Hotel Sultan, Jumat (15/3/2019).


Untuk debat cawapres kali ini, terdapat sembilan panelis yang ditunjuk KPU menyiapkan pertanyaan untuk kedua kandidat cawapres. Mereka adalah Prof. Dr. Samsul Rizal, MEng (Rektor Universitas Syiah Kuala), Prof. Dr. Chairil Effendi (Guru Besar Sastra Universitas Tanjungpura Pontianak), Prof. KH Yudian Wahyudi, M.A,. Ph.D (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), serta Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A (Rektor Universitas Hasanuddin Makassar).

Panelis selanjutnya adalah Prof. Subhilhar, M.A. Ph.D (Guru Besar Universitas Sumatera Utara), Prof. Dr. David S. Perdanakusuma, dr. Sp.BP-RE(K) (Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia), Radhar Panca Dahana (Budayawan), Anis Hidayah (Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant Care), dan Prof. H. Yos Johan Utama (Rektor Universitas Diponegoro).

Debat cawapres pada Minggu (17/3/2019) kali ini dapat dipantau melalui live streaming Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Trans Vision, dan detikcom. Namun, beberapa stasiun televisi seperti Indosiar, TVOne, Metro TV, hingga Kompas TV juga menayangkan debat kali ini.

Live Streaming Debat Cawapres 2019 di Trans7

Live Streaming Debat Cawapres 2019 di Trans TV

Live Streaming Debat Cawapres 2019 di Indosiar

Live Streaming Debat Cawapres 2019 di Metro TV

Live Streaming Debat Cawapres 2019 di TVOne

Live Streaming Debat Cawapres 2019 di Kompas TV

Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight