Listrik Padam, Lalu Lintas di Sejumlah Jalan Tol Alami Gangguan

Oleh: Lalu Rahadian - 2 Januari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Corporate Secretary PT Jasa Marga Agus Setiawan berkata bahwa gangguan listrik memang berdampak pada aktivitas di sejumlah ruas tol.
tirto.id -
Padamnya arus listrik beberapa daerah di kawasan Jabodetabek, Selasa (2/1/2018) pagi, turut mengganggu arus lalu lintas di sejumlah jalan tol. Sejumlah gerbang tol otomatis (GTO) pun dilaporkan mati akibat gangguan listrik tersebut.

Gangguan terhadap GTO sempat dikeluhkan sejumlah pengguna jalan tol Jakarta-Serpong terhadap PT Jasamarga melalui media sosial Twitter. Seorang pengguna tol bernama Yudha Irawan misalnya, melalui twitter menyampaikan informasi bahwa ada 6 GTO yang mati di Gerbang Tol Pondok Ranji, Tangerang Selatan.

"Imbas mati listrik di Gerbang tol Pondok Ranji jadi semua transaksi e-toll tidak fungsi dialihkan tiket manual tunai dan ada 6 gerbang yang tidak dibuka," tulisnya di akun @popoexpress pada pukul 09.08 WIB.

PT Jasamarga melalui akun twitter resmi (@PTJASAMARGA) membenarkan keluhan Yudha. "Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, untuk saat ini gerbang tol Pondok Ranji sedang dalam perbaikan," cuit akun tersebut.

Dihubungi di kesempatan terpisah, Corporate Secretary PT Jasa Marga Agus Setiawan berkata bahwa gangguan listrik memang berdampak pada aktivitas di sejumlah ruas tol. Jasa Marga disebutnya telah menyiapkan power genset dan mobile genset menghadapi hal tersebut.

"Listrik PLN dari Pesanggrahan ke Pondok Ranji sedang ada pemadaman, langkah JM (Jasa Marga) menggunakan power genset yang ada dan menyiapkan mobile genset," kata Agus kepada Tirto.

Hingga berita ini diturunkan, Agus mengatakan listrik di gerbang tol Pondok Ranji sudah normal kembali. Namun, ia berpendapat harusnya gangguan bisa ditekan seminimal mungkin karena penyediaan listrik cadangan sudah dilakukan perusahaannya.

"Harusnya karena ada genset gangguan diminimalisir," katanya.

Gangguan akibat padamnya listrik di sejumlah kawasan juga dirasakan pengguna moda transportasi berbasis kereta. Juru Bicara PT KAI Commuterline Indonesia (KCI) Eva Chairunisa berkata, gangguan sempat dirasakan pengguna kereta pada pukul 07.30 WIB.

"Saat ini sudah normal kembali. Tadi kejadian sekitar pukul 07.30 yang terdampak hanya lintas Parung Panjang-Tanah Abang dan Kalideres-Poris. Listrik sempat mati 10-15 menit," ujar Eva.

Menurut akun twitter resmi PLN, @pln_123, terjadinya gangguan listrik hari ini karena gangguan jaringan kelistrikan, yang disinyalir gangguan pada subsistem kelistrikan di Muara Karang dan Gandul.




Baca juga artikel terkait LISTRIK PADAM atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Maya Saputri