Link Twibbon Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2021

Oleh: Versatile Holiday Lado - 11 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut link pilihan twibbon Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati pada 14 Juni 2021.
tirto.id - Untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni 2021, WHO mengusung tema "Give blood and keep the world beating" yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia akan pentingnya kesehatan untuk mendonor darah.

Dalam kesempatan kali ini, Italia ditunjuk sebagai tuan rumah, dengan Roma sebagai tempat acara peringatan tersebut.

Fokus utama dalam merayakan Hari Donor Darah Sedunia ini lebih kepada generasi muda. Sebab, generasi muda akan mengemban tanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat di masa mendatang.

Untuk memeriahkan Hari Donor Darah Sedunia, Anda bisa berpartisipasi dalam mengkampanyekan hari peringatan tersebut dengan memasang foto pada twibbon yang telah disediakan.

Berikut link pilihan twibbon Hari Donor Darah Sedunia.


Selain itu, beberapa instansi kesehatan turut memeriahkan Hari Donor Darah Sedunia 2021 dengan mengadakan rangkaian kegiatan, seperti Kemenkes RI, Palang Merah Indonesia (PMI), Perhimpunan Dokter Transfusi Darah Indonesia (PDTDI) dan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Hari Donor Darah Sedunia ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) pada tanggal 14 Juni. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia akan pentingnya kesehatan untuk mendonor darah.

Sebagaimana dilansir Nationaltoday sejarah pendonoran darah dimulai dari eksperimen seorang ilmuwan bernama Richard Lower. Ia mempelajari donor darah pada binatang dan berhasil melakukan transfusi darah kepada dua anjing.

Setelah ilmu pengetahuan tentang donor darah berkembang, ilmuwan bernama Karl Landsteiner membuat klasifikasi tentang pembagian darah manusia pada tahun 1901. Pembagian darah itu disebut sebagai ABO human blood type.

Pembagian darah tersebut dijadikan sistem untuk menentukan pendonoran darah di masa mendatang. Awal mula peringatan Hari Donor Darah Sedunia berawal pada tahun 2000. Sejak tahun tersebut, Hari Donor Darah Sedunia terus diperingati setiap tanggal 14 Juni.


Baca juga artikel terkait HARI DONOR DARAH SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Versatile Holiday Lado
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight