Menuju konten utama

Link Pendaftaran PPPK Guru 2023 dan Cara Buat Akun di SSCASN BKN

Link pendaftaran PPPK 2023 yang dibuka hari ini dan cara buat akun di SSCASN.

Link Pendaftaran PPPK Guru 2023 dan Cara Buat Akun di SSCASN BKN
Pelaksanaan seleksi kompetensi CAT-UNBK PPPK Guru dari pelamar umum di SMPN 2 Kuta Utara Dalung, Badung. (ANTARA/HO-Pemkab Badung.)

tirto.id - Pendaftaran PPPK Guru 2023 dibuka hari ini 20 September. Untuk mengikuti seleksi, peserta terlebih dahulu harus membuat akun di Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN BKN).

Adapun pendaftaran seleksi PPPK Guru 2023 akan dibuka mulai tanggal 20 September sampai 9 Oktober mendatang melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/.

Cara Buat Akun PPPK Guru 2023 di SSCASN BKN

Berikut adalah cara untuk membuat akun pendaftaran PPPK Guru 2023 di SSCASN BKN:

  • Buka laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id dengan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru. Jika muncul alert baca peringatan dengan teliti lalu klik “OK”
  • Kemudian klik “Buat Akun”
  • Selanjutnya akan muncul alert permintaan akses terhadap kamera, klik “Allow” untuk mengizinkan penggunaan kamera
  • Pendaftar akan diarahkan ke laman Langkah 1: Pengecekan Identitas. Pastikan untuk membaca petunjuk pembuatan akun dengan teliti. Peserta diminta untuk memasukkan data berupa NIK, Nomor KK, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nomor Handphone Aktif, dan Email Aktif
  • Periksa kembali apakah semua data sudah benar kemudian masukkan kode CAPTCHA yang sesuai sebelum klik “Lanjutkan”. Apabila muncul Pesan Galat NIK dan No KK tidak sesuai, silahkan ikuti instruksi pada Pesan Galat, BUKAN menghubungi instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
  • Pada laman Langkah 2: Lengkapi Data sesuai dengan instruksi yang muncul
  • Langkah ini untuk membandingkan data pelamar di KTP dengan data Ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama Lengkap sesuai yang tercantum di Ijazah, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Pastikan peserta mengisi data tersebut dengan benar
  • Kolom NIK, Nama, Nomor Handphone, Email, dan Tanggal Lahir sesuai KTP sudah terisi otomatis
  • Masukkan Nama Tanpa Gelar (sesuai Ijazah), Tempat Lahir (sesuai KTP), Kab/Kota Lahir (sesuai Ijazah), dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah). Khusus kolom Kab/Kota Lahir, cukup ketikan minimal 3 karakter awal saja kemudian klik salah satu dari pilihan yang tersedia (auto complete)
  • Pastikan Nama peserta pada ijazah (tanpa gelar) dan Tanggal Lahir pada Ijazah dan jenis kelamin yang dipilih telah benar dan sesuai karena data tersebut akan dijadikan dasar penetapan nomor induk pegawai apabila dinyatakan lulus seleksi.
  • Unggah foto scan KTP atau Surat Keterangan Kependudukan yang sah dan sesuai dengan ketentuan dengan klik “Choose File” dan cari foto yang akan diunggah lalu klik “Open”.
  • Setelah foto berhasil terunggah, maka akan muncul notifikasi “Unggah KTP Berhasil”. Peserta dapat menekan tombol “klik ini” untuk mengunggah ulang scan KTP
  • Lakukan swafoto dengan klik “Ambil Foto”, klik “Foto Ulang” untuk mengulangi swafoto atau klik “Simpan Foto” jika selesai melakukan swafoto. Jika swafoto berhasil disimpan akan muncul notifikasi “Ungga Swafoto Berhasil”
  • Data lain yang harus diisi yaitu:
  • Password dan Konfirmasi Password. Masukan password yang mudah diingat, namun harus sesuai dengan ketentuan yaitu panjang tidak kurang dari 8 karakter dan memiliki kombinasi huruf kecil, huruf besar, karakter dan angka. Harap mencatat dan menyimpan password Anda karena akan digunakan untuk login akun SSCASN
  • Pertanyaan dan Jawaban Pengaman 1, dan Pertanyaan dan Jawaban Pengaman 2. Harap mencatat pertanyaan dan jawaban pengaman anda karena hal ini diperlukan jika suatu waktu mengalami kendala saat mengakses akun SSCASN, seperti lupa password
  • Pastikan mengisi semua data dengan lengkap dan benar. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah
  • Masukkan kode CAPTCHA yang sesuai kemudian klik “Lanjutkan”. Pendaftar akan diarahkan ke laman Langkah 3 : Pengecekan Ulang Data.
  • Sebelum mengakhiri pendaftaran akun, pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan swafoto jelas. Pengunggahan Pas foto berlatar belakang merah akan dilakukan bersamaan dengan dokumen persyaratan lainnya setelah memilih formasi. Jika ingin melakukan perbaikan data, klik "Kembali" untuk memperbaiki data yang dimasukkan. Jika ingin mengakhiri pendaftaran akun, klik "Proses Pendaftaran Akun"
  • Pelamar wajib memperhatikan setelah pendaftaran akun diproses, tidak bisa melakukan perubahan data pendaftaran akun seperti Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Pas Foto, dan sebagainya. Pastikan tidak ada kesalahan saat mengisi
  • Pada tahap ini, pendaftar WAJIB melakukan pengecekan ulang terhadap Swafoto, NIK, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir (Sesuai KTP), Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah), Email, dan Nomor Handphone. Jika nantinya terdapat kesalahan penulisan setelah proses pendaftaran, maka peserta TIDAK DAPAT memperbaiki kesalahan tersebut
  • Klik “Kembali” jika terdapat kesalahan pada data yang dimasukkan sebelumnya untuk diperbaiki, dan klik “Proses Pendaftaran Akun” untuk mengakhiri proses pembuatan akun SSCASN
  • Sebelum mengakhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali, apakah data yang di-input sudah sesuai. Klik “Iya” jika yakin, atau “Tidak” untuk memeriksa kembali
  • Lalu peserta akan diarahkan ke laman Langkah 4: Pendaftaran Selesai yang menandakan proses pendaftaran akun telah selesai. Peserta dapat mengunduh informasi pendaftaran atau melanjutkan login ke akun SSCASN dengan klik “Lanjutkan Login Pendaftaran”

Alur Seleksi Pendaftaran PPPK Guru 2023

Alur dalam seleksi Pendaftaran PPPK Guru 2023 sebagai berikut:

  1. Daftar Akun melalui link berikut ini;
  2. Penentuan prioritas pelamar. Pada tahap ini ada proses konfirmasi oleh peserta;
  3. Daftar Formasi;
  4. Seleksi Administrasi kecuali bagi pelamar P1;
  5. Seleksi Kompetensi kecuali bagi pelamar P1 karena menggunakan hasil seleksi PPPK JF Guru tahun 2021;
  6. Pengumuman Kelulusan.
Jadwal dan Tahapan Pendaftaran PPPK Guru 2023

Berikut ini jadwal dan tahapan dalam pendaftaran seleksi PPPK Guru 2023:

  • Pengumuman Seleksi: 19 September - 3 Oktober 2023
  • Pendaftaran Seleksi: 20 September - 9 Oktober 2023
  • Seleksi Administrasi: 20 September - 12 Oktober 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 13 - 16 Oktober 2023
  • Masa Sanggah: 17 - 19 Oktober 2023
  • Jawab Sanggah: 17 - 21 Oktober 2023
  • Pengumuman Pasca Sanggah: 20 - 26 Oktober 2023
  • Penarikan data final: 27 - 29 Oktober 2023
  • Penjadwalan Seleksi Kompetensi: 30 Oktober - 2 November 2023
  • Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat Seleksi Kompetensi: 3 - 6 November 2023
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi: 8 November - 2 Desember 2023
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan: 13 November - 4 Desember 2023
  • Pengolahan Nilai Seleksi Kompetensi: 28 November - 7 Desember 2023
  • Pengumuman Kelulusan: 4 - 13 Desember 2023
  • Pengisian DRH NI PPPK: 14 Desember 2023 - 12 Januari 2024
  • Usul Penetapan NI PPPK: 13 Januari - 11 Februari 2024

Baca juga artikel terkait PPPK atau tulisan lainnya dari Tifa Fauziah

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Dipna Videlia Putsanra