tirto.id - Pendaftaran Paskibraka 2024 telah dibuka pada bulan Februari. Pelajar kelas 10 SMA yang memenuhi persyaratan bisa melakukan pendaftaran Paskibraka 2024 secara online sesuai jadwal yang berlaku di daerahnya masing-masing.
Pembentukan Paskibraka atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka merupakan bagian dari persiapan untuk peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.
Namun, rekrutmen ini tidak hanya bertujuan memilih petugas pengibar bendera, tapi juga upaya pendidikan siswa agar dapat menjadi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila di masa depan.
Pendaftaran Paskibraka 2024 dapat dilakukan secara daring melalui situs web resmi milik BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila). Cara daftar Paskibraka 2024 diawali dengan pendaftaran akun dan kemudian berlanjut hingga pengunggahan dokumen persyaratan.
Jadwal Pendaftaran Paskibraka 2024, Sampai Kapan?
Sebelum melakukan pendaftaran Paskibraka 2024, para siswa kelas 10 SLTA perlu untuk mengetahui jadwal yang berlaku di kabupaten/kota tempat tinggalnya. Informasi jadwal pendaftaran Paskibraka 2024 biasanya diumumkan instansi semacam dinas Kesbangpol.
Jadwal pendaftaran Paskibraka 2024 berbeda-beda di setiap daerah. Berikut ini beberapa contoh jadwal di berbagai kabupaten/kota:
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Surabaya: 20 Februari - 6 Maret 2024
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Gresik: 15-22 Februari 2024
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Kabupaten Agam: 12-25 Februari 2024
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Lamongan: 2-15 Februari 2024
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Kota Bengkulu: 19-29 Februari 2024
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Kupang: 20 Februari - 4 Maret 2024
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Batang: 1-15 Februari 2024
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Yogyakarta: 12-20 Februari 2024
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Sumedang: 10-23 Februari 2024
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Pontianak: 12-20 Februari 2024
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Alor: 23 Februari - 7 Maret 2024
- Pendaftaran Paskibraka 2024 di Kendal: 15 - 28 Februari 2024.
Berdasarkan surat edaran BPIP tentang pembentukan Paskibraka 2024, tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota dan provinsi akan dilakukan pada waktu yang berbeda.
Seleksi paskibraka 2024 di tingkat kabupaten/kota akan dimulai pada minggu pertama Februari hingga pekan keempat April 2024. Lalu, seleksi paskibraka 2024 tingkat provinsi akan dimulai pada minggu ketiga April hingga pekan keempat Mei 2024.
Link Pendaftaran Paskibraka 2024 dan Cara Daftar
Pendaftaran Paskibraka 2024 dilakukan secara daring melalui portal resmi BPIP. Adapun link pendaftaran paskibraka 2024 adalah paskibraka.bpip.go.id.
Berikut tata cara pendaftaran Paskibraka 2024:
- Buka laman https://paskibraka.bpip.go.id
- Klik tombol “Daftar”
- Isi data sekolah asal peserta dengan informasi yang benar, lalu klik “Selanjutnya”
- Lengkapi data pribadi peserta, mulai dari NIK, nama, asal sekolah, alamat, hingga bidang bakat yang dimiliki. Setelah selesai, klik “Selanjutnya”
- Masukkan kata sandi dan ulangi untuk konfirmasi, lalu klik “Daftar”
- Proses pendaftaran selesai
- Peserta sudah bisa login menggunakan NIK dan kata sandi yang sudah dibuat lalu mengunggah berbagai berkas persyaratan yang ditetapkan.
Persyaratan Pendaftaran Paskibraka 2024
Berikut beberapa persyaratan pendaftaran Paskibraka 2024:
- Warga Negara Indonesia
- Pelajar kelas 10 berusia 16 tahun sampai 18 tahun
- Mendapatkan izin tertulis dari kepala sekolah untuk mendaftar Paskibraka 2024
- Mendapatkan izin tertulis dari orang tua/wali untuk mendaftar Paskibraka 2024
- Mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan Kesediaan Mematuhi Peraturan Pembentukan dan Pelaksanaan Tugas Paskibraka Tahun 2024
- Nilai akademik minimal berkategori baik;
- Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan setempat
- Tinggi badan dan berat badan ideal (putra 170-180 cm, putri 165-170 cm)
- Memiliki bentuk kaki O (O been) dengan ekstremitas paling banyak 5 sentimeter, atau bentuk kaki X (X been) dengan ekstremitas paling banyak 5 sentimeter, dan tidak mempunyai bentuk telapak kaki datar (flat foot).
Setiap siswa yang ingin mengikuti seleksi Paskibraka 2024 wajib membuat akun terlebih dahulu di laman BPIP. Setelah membuat akun dan login, pendaftar wajib mengunggah beberapa dokumen persyaratan Parkibraka 2024 sebagai berikut:
- Kartu Keluarga
- Surat izin dari kepala sekolah
- Surat persetujuan dari orang tua/wali
- Surat Pernyataan Kesediaan Mematuhi Peraturan Pembentukan
- dan Pelaksanaan Tugas Paskibraka Tahun 2024
- Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan
- Salinan halaman rapor yang mencantumkan nilai akademik minimal berkategori baik
- Surat keterangan sehat yang ditandatangani dari fasilitas kesehatan setempat
Informasi lebih lanjut mengenai dokumen persyaratan dan formatnya bisa dilihat melalui surat edaran BPIP di tautan berikut: Pembentukan Paskibraka 2024.
Apa Saja Seleksi Paskibraka Kabupaten & Provinsi?
Seleksi Paskibraka 2024 dilaksanakan berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga ke tingkat provinsi dan nasional. Berikut detail tahapan seleksi Paskibraka 2024:
1. Seleksi Paskibraka 2024 tingkat kabupaten/kota:
- Seleksi administrasi
- Seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan
- Seleksi intelegensi umum
- Seleksi kesehatan (pemeriksaan kesehatan dan tes parade)
- Seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan kesamaptaan
- Seleksi kepribadian (wawancara, penelusuran minat, bakat, dan rekam jejak di media sosial).
2. Seleksi Paskibraka 2024 tingkat provinsi:
- Pemberkasan ulang
- Seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan
- Seleksi intelegensi umum
- Seleksi kesehatan (pemeriksaan kesehatan dan tes parade)
- Seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan kesamaptaan
- Seleksi kepribadian (psikotes, wawancara, penelusuran minat, bakat, dan rekam jejak di media sosial).
Peserta yang lolos seleksi Pakibraka 2024 tingkat provinsi bertugas di tingkat provinsi sekaligus dikirim untuk mengikuti pembentukan Paskibraka di tingkat pusat/nasional.
Penulis: Erika Erilia
Editor: Addi M Idhom