Link Hasil Hitung Cepat Pilkada Kaltara 2020 KPU & Cek Quick Count

Penulis: Addi M Idhom, tirto.id - 9 Des 2020 08:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Hasil hitung cepat Pilkada Kaltara 2020 bisa diketahui dengan mengakses laman KPU RI.
tirto.id - Pilkada Serentak 2020 dilaksanakan dengan 270 pemilihan kepala daerah. Sebanyak 9 pemilihan gubernur (Pilgub), 224 pemilihan bupati (Pilbup) dan 37 pemilihan wali kota (pilwalkot) digelar secara serentak pada tahun ini.

Pemungutan suara atau pencobloan dilakukan pada Rabu, 9 Desember 2020. Total jumlah warga yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020 mencapai lebih dari 100,3 juta orang. Warga pemilih itu tersebar di 309 kabupaten/kota dan melakukan pencoblosan di 298.939 TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Kalimantan Utara menjadi salah satu provinsi yang menggelar Pilgub dalam Pilkada Serentak 2020. Data KPU menunjukkan DPT dalam Pilkada Kalimantan Utara 2020 berisi nama warga sebanyak 424.221 orang, yang berasal dari lima kabupaten/kota.

Pilgub Kalimantan Utara 2020 menjadi ajang kontestasi 3 pasangan calon. Nama-nama pasangan calon dalam Pilgub Kaltara 2020 beserta partai-partai pengusungnya adalah sebagai berikut:

1. Calon Nomor Urut 1: Udin Hianggio-Undunsyah (Hanura dan PKB)
2. Calon Nomor Urut 2: Irianto Lambrie-Irwan Sabri (Golkar, PKS, Nasdem, PAN, Perindo, PBB)
3. Calon Nomor Urut 3: Zainal Arifin Paliwang-Yansen (Gerindra, PDIP, PPP, Demokrat).

Pilgub Kaltara 2020 sekaligus menjadi ajang pertarungan dua petahana. Irianto Lambrie adalah gubernur Kaltara periode sebelumnya. Sedangkan Udin Hianggio merupakan inkumben Wakil Gubernur Kaltara. Kedua cagub petahana itu ditantang oleh Zainal Arifin Paliwang, seorang purnawirawan perwira tinggi Polri.

Selain dengan melihat hasil quick count dari sejumlah lembaga survei, hasil hitung cepat Pilgub Kaltara 2020 juga bisa dilihat dari rekapitulasi elektronik (e-Rekap) KPU RI yang dilakukan dengan Sirekap.

Sistem Informasi Rekapitulasi atau Sirekap merupakan pengganti Situng dan sumber data utamanya dari foto formulir C.Hasil-KWK dari setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Cara mengecek data hitung cepat hasil Pilkada Serentak 2020 versi Sirekap di laman KPU adalah sebagai berikut:

1. Buka laman infopemilu.kpu.go.id, klik Menu Pilkada 2020, dan klik Menu Hasil
2. Cara lebih cepat, klik link ini
3. Jika sudah masuk Menu Hasil akan terlihat peta daerah pemilihan
4. Klik Menu Tampilkan Filter
5. Pilih Menu Pemilihan Bupati/Walikota atau Pemilihan Gubernur
6. Pilih provinsi lokasi pilkada
7. Setelah itu akan tampil informasi hasil cepat dari setiap pilkada di provinsi tersebut
8. Hasil hitung cepat Pilkada 2020 disajikan dalam bentuk diagram lingkaran dan disertai info jumlah TPS yang sudah menyelesaikan penghitungan suara.

KPU menetapkan Sirekap memiliki dua jenis fungsi dalam Pilkada Serentak 2020. Pertama, Sirekap dipakai untuk alat bantu dalam rekapitulasi hasil perolehan suara yang dilakukan berjenjang dari tingkat TPS hinga KPU Kabupaten/Kota. Kedua, Sirekap digunakan untuk sarana publikasi data hasil penghitungan suara dari seluruh TPS dan setiap jenjang rekapitulasi, yang bisa diakses oleh publik.

Hasil rekapitulasi di Sirekap KPU tidak menjadi dasar penentuan Hasil Pilkada 2020 atau pemenang pemilihan. Penentuan pemenang Pilkada 2020 tetap didasarkan pada hasil rekapitulasi manual.

Berikut ini link untuk memantau hasil quick count Pilkada Kaltara 2020 versi lembaga survei dan hasil hitung cepat Pilgub Kaltara 2020 di laman KPU.

Link Hasil Quick Count Pilkada Kaltara 2020 di Live Youtube Metro TV

Link Hasil Hitung Cepat Pilkada Kaltara 2020 di Situs KPU


Baca juga artikel terkait PILKADA 2020 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Politik)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH

DarkLight