Menuju konten utama

Link Form Pengaduan Prakerja & Cara Mengisinya

Link form pengaduan Prakerja dan panduan cara mengisinya bagi pengguna.

Link Form Pengaduan Prakerja & Cara Mengisinya
Ilustrasi Peserta Kartu Prakerja. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Gelombang 1 Kartu Prakerja telah dimulai sejak 11 April 2020. Bila pengguna mengalami kendala, pengaduan dapat dilakukan di link formulir pengaduan ini.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh.

Mereka adalah pihak yang dikhususkan untuk menerima peningkatan kompetensi kerja.

Pada tahun 2020, terdapat sebanyak 5,5 juta orang yang menjadi Penerima Kartu Prakerja. Kendati begitu, tidak sedikit pihak yang belum memahami bahwa Kartu Prakerja bukanlah bantuan dana atau gaji untuk pengangguran.

Kartu Prakerja ditujukan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Anggaran yang diberikan untuk progam ini pada tahun 2020, yaitu sebesar Rp20 triliun rupiah.

Cara mengisi link formulir pengaduan prakerja

Terdapat beberapa data yang wajib diisi, yaitu kolom

    • "Nama";
    • "Apakah kamu peserta prakerja atau calon peserta?";
    • "Nomor Kartu Prakerja";
    • "Nomor Handphone"; dan
    • "Alamat Email".
Pengguna akan diminta untuk mengisi formulir dengan langkah-langkah berikut.

1. Lengkapi nama lengkap sesuai KTP;

2. Pilih status saat ini, peserta prakerja atau calon peserta;

3. Isilah nomor telepon dengan tepat;

4. Pilih tipe pengisian formulir. Ada dua tipe, yaitu Kendala atau Pertanyaan;

Apabila memilih Kendala maka pada kolom kategori akan ada beberapa pilihan berupa:

    • Data diri;
    • Pelatihan;
    • Insentif;
    • Survei;
    • Sertifikat;
    • Dashboard;
    • Sambung rekening atau e-walet;
    • Staff Contact Center;
    • Penipuan;
    • Lain-lain.
Apabila memilih Pertanyaan maka pada kolom kategori akan ada beberapa pilihan berupa,

    • Tentang Prakerja;
    • Fitur dashboard;
    • Info dashboard;
    • Informasi Pagu atau saldo tagihan biaya pelatihan;
    • Pelatihan;
    • Insentif;
    • Survei evaluasi;
    • Sambung rekening atau e-walet;
    • Putus rekening atau e-walet;
    • Penipuan;
    • Lain-lain.
5. Tentukan subkategori pada setiap pilihan (Kendala/Pertanyaan) sebelumnya. Terdapat dua subkategori yang harus dilengkapi;

6. Lengkapi kolom "Deskripsikan pertanyaan atau kendalamu". Kolom ini bisa diisi minimal 50 karakter;

7. Unggah file;

Pada kolom Unggah File, Anda disarankan untuk melampirkan Foto/Screenshot bukti keluhan (apabila memilih tipe "Pengaduan")

Contoh:

    • Permasalahan saat pengguna tidak bisa mendaftar;
    • Insentif bermasalah;
    • Pelatihan tidak bisa diulas.
Syarat dan ketentuan file yang diunggah, berikut.

    • File yang diunggah adalah file dengan jumlah maksimal tiga file;
    • Maksimal 5 Mb;
    • Jenis file yang di izinkan adalah JPEG/PNG.
8. Centang kolom dengan keterangan "Dengan mengirimkan pesan melalui form ini berarti Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan yang berlaku";

9. Centang kolom "Saya bukan robot";

10. Pilih "Kirim Pesan".

Apabila terdapat kendala pengisian formulir pengaduan prakerja dapat menghubungi nomor telepon 08001503001.

Baca juga artikel terkait KARTU PRAKERJA atau tulisan lainnya dari Ega Krisnawati

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Dhita Koesno