Line Up dan Jadwal KBS Song Festival 2021: Stray Kids hingga aespa

Oleh: Maria Ulfa - 4 Desember 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pihak penyelenggara KBS Song Festival 2021 sudah mengumumkan line up pertama para grup idol atau pun artis yang bakal memeriahkan acara ini.
tirto.id - Pihak penyelenggara KBS Song Festival 2021 sudah mengumumkan line up pertama para grup idol atau pun artis yang bakal memeriahkan acara ini. KBS Song Festival 2021 sendiri bakal ditayangkan secara langsung pada 17 Desember mendatang pukul 20.30 KST, atau pukul 18.30 WIB.

Di antara grup idola dan artis yang akan memeriahkan acara ini adalah Red Velvet, Stray Kids, TXT, Oh My Girl, ITZY, THE BOYZ, aespa, ENHYPEN, Kang Daniel, dan Lee Mujin.

Sementara, tahun ini KBS Song Festival 2021 bakal dipandu oleh Cha Eun Woo ASTRO, Seolhyun AOA, dan Rowoon SF9.

Adapun, tema festival tahun ini adalah "WITH", dengan harapan dapat menciptakan panggung K-Pop yang dapat dinikmati siapa saja, di mana pun mereka berada.

KBS Song Festival adalah acara musik tahunan Korea Selatan yang mengudara di Korean Broadcasting System (KBS) pada setiap akhir tahun. Ini pertama kali ditayangkan pada tahun 1965 sebagai acara penghargaan, tetapi KBS menghentikan upacara penghargaan pada tahun 2006.

Kemudian, acara ini terus berlanjut sejak saat itu sebagai festival musik tanpa memberikan penghargaan hampir setiap tahunnya. Namun, acara penghargaan i pernah diselenggarakan kembali pada tahun 2013.

Sementara itu, pada tahun 2020, KBS Song Festival dipandu oleh Yunho TVXQ, Cha Eun Woo dan Shin Ye Eun. Beberapa artis yang hadir di antaranya adalah BTS, TWICE, SEVENTEEN, NCT, Park Jin Young, Sunmi, Kim Yeon Ja, Seol Woon Do, Jessi, Taemin SHINee, dan Paul Kim.

Kemudian, ada pula NU’EST, The Boyz, MAMAMOO, MOMOLAND, MONSTA X, Stray Kids, ASTRO, ENHYPEN, GFRIEND, TXT, GOT7, IZ*ONE, (G)I-DLE, Oh My Girl, ITZY, dan aespa.

Sejarah KBS Song Festival


KBS Song Festival pertama kali disiarkan pada tahun 1965 oleh Tongyang Broadcasting Company (TBC), yang dikenal sebagai TBC Broadcast Music Awards.

Penyanyi Choi Hee Joon memenangkan penghargaan pertama pada tahun 1965. Penghargaan terpisah kemudian diberikan untuk artis pria dan wanita dari tahun 1966 hingga 1986.

Pada tahun 1981, pemerintah Korea Selatan memaksa TBC untuk bergabung dengan Korean Broadcasting System (KBS). Setelah merger, nama program diubah menjadi KBS Music Awards.

Acara ini ditayangkan di KBS1 setiap tahun pada tanggal 30 Desember sampai tahun 1994, dan kemudian acara ini pindah ke saluran KBS2.

Pada tahun 2005, Kim Jong Kook menjadi penyanyi terakhir yang memenangkan Penghargaan KBS Music Award. Pada tahun 2006, nama program diubah menjadi KBS Song Festival, dan saluran TV tersebut mengubah program ini menjadi festival musik non-kompetitif daripada acara penghargaan.

Antara tahun 2006 dan 2016, festival ini biasanya menampilkan pertunjukan oleh 20 hingga 30 grup dan penyanyi Kpop. Namun, pada tahun 2017, KBS mengurangi festival dengan hanya memasukkan delapan grup, dua penyanyi, dan kontestan dari reality show KBS2, The Unit.

Acara ini selalu diadakan di KBS Hall, dengan dua pengecualian, yaitu pada tahun 2015 diadakan di Gocheok Sky Dome dan untuk tahun 2019 diadakan di KINTEX, Korea Selatan.


Baca juga artikel terkait KBS SONG FESTIVAL 2021 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Penulis: Maria Ulfa
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight