Lima Tahapan Skincare Pagi Hari Mulai Cleansing Sampai Sunscreen

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Lima tahapan skincare yang digunakan pada pagi hari ini dipercaya dapat merawat kesehatan kulit wajah Anda. Tahapan ini dimulai dengan cleansing hingga penggunaan sunscreen.
tirto.id - Kulit yang bagus bukan hanya masalah DNA tapi kebiasaan harian Anda juga memiliki dampak besar bagi kesehatan kulit. Ada sejumlah pendapat yang memusingkan tentang tata cara atau langkah penggunaan skin care untuk merawat kesehatan kulit wajah, melembabkan hingga cara melindungi diri dari sinar UV.

Berikut adalah tata cara atau langkah-langkah penggunaan skin care seperti dilansir dari laman The New York Times,

1. Membersihkan wajah (Cleansing)

Membersihkan wajah dengan milk cleansing, water cleansing atau oil cleansing merupakan langkah dasar dalam proses perawatan wajah.

Anda bisa memilih tiga jenis pembersih wajah, yaitu milk cleansing, water cleansing atau oil cleansing sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencuci wajah dengan sabun khusus untuk wajah.

“Kulit kita bersentuhan dengan polutan lingkungan, kotoran, dan faktor-faktor lain setiap hari harus dihilangkan dengan lembut,” kata dokter kulit Kota New York, Dr. Carlos Charles.

Cucilah wajah dua kali sehari pada pagi dan malam untuk menghindari pori-pori yang tersumbat, kusam, dan berjerawat.

2. Toner dan Cara Menggunakannya

Bagi banyak orang, kata "toner" mengingatkan astringen menyengat dari tahun 80-an.

"Yang asli adalah produk berbasis alkohol yang digunakan untuk mengeringkan kulit berminyak dan menghilangkan kotoran sisa setelah pembersihan," kata Dr. Nazarian.

Namun, saat ini formula tersebut telah berevolusi. Pikirkan itu sebagai suplemen - cairan tipis yang memberikan tambahan nutrisi, dan menyeimbangkan warna kulit Anda. Ahli estetika Kota New York Jordana Mattioli mengatakan dan, menganggap toner sebagai opsional.

“Ini bisa menjadi cara yang baik untuk menambahkan bahan-bahan spesifik yang mungkin tidak Anda miliki dalam produk lain atau menambahkan lapisan kulit lainnya,” ujarnya.

Saat menggunakan toner ada baiknya jika Anda langsung menuangkan beberapa tetes ke telapak tangan Anda lalu mengusapkannya pada wajah. Hal ini lebih efektif daripada menuangkan toner ke kapas terlebih dahulu baru ke wajah.

3. Serum

Sederhananya, serum adalah sekutu kulit yang kuat. Dipenuhi dengan dosis bahan aktif terkonsentrasi, elixir ini dapat mengurangi sejumlah masalah, dari bintik hitam hingga keriput.

"Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah khusus, setiap orang masih membutuhkan serum antioksidan umum di pagi hari untuk melindungi kulit,” kata Mattioli.

Guna menghemat waktu, jangan coba mencampurkan serum ke pelembab Anda. Ini bisa mengurangi kemampuan serum untuk menyerap secara efektif. Produk harus diterapkan satu per satu.

Tidak semua serum diterapkan dengan frekuensi yang sama. Sebagian serum ada yang lebih efektif digunakan pada pagi hari namun sebagian lainnya akan lebih baik digunakan malam hari.

Anda bisa membaca label petunjuk dengan cermat untuk mengetahui waktu penggunaan yang tepat pada produk serum yang Anda gunakan.

4. Pelembab

Fungsi paling dasar dari pelembab adalah untuk melembabkan kulit.

Pada dasarnya, pelembab membantu mencegah kehilangan air melalui lapisan luar kulit. Pelembab juga dapat melengkapi minyak pelindung wajah dari bahan alami seperti ceramide.

Ini adalah salah satu produk yang direkomendasikan dokter untuk digunakan sepanjang tahun, untuk semua jenis kulit.

Pelembab umumnya bisa digunakan untuk semua jenis kulit namun, tekstur pelembab Anda bisa berbeda dengan orang lain tergantung pada jenis kulit Anda.

5. Tabir surya (Sunscreen)

Tabir surya adalah produk perawatan kulit yang paling penting. Ini sangat penting, sebab penggunaan tabir surya harian dan konsisten membantu mencegah timbulnya garis-garis halus dan kerutan, ketidaksempurnaan tekstur, serta perubahan tampilan pori-pori seiring waktu.

Lebih penting lagi, penggunaan tabir surya harian dapat membantu mencegah pembentukan kanker kulit tertentu. Untuk membuatnya mudah diingat, para ahli merekomendasikan untuk menggunakan pelembab harian dengan SPF minimal 30.


Baca juga artikel terkait KECANTIKAN atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight