Liga Jerman: Bayern Munchen Berlatih di Tengah Pandemi Corona

Oleh: Beni Jo - 7 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Di tengah pandemi corona di Jerman, Bayern Munchen menggelar latihan tim utama pada Senin (6/4/2020) dalam beberapa kelompok kecil.
tirto.id - Bayern Munchen menggelar latihan tim utama pada Senin (6/4/2020) dalam beberapa kelompok kecil sembari tetap mematuhi prosedur pencegahan menyebarnya virus corona. Jerman, negara tempat Bayern bernaung, adalah negara dengan kasus COVID-19 terbanyak keempat di dunia dengan total 103.375 kasus.

"Setelah sekitar dua minggu 'cyber training', tim utama Bayern berlatih dalam kelompok-kelompok kecil di Säbener Straße untuk pertama kalinya pada Senin (6/4). Sejalan dengan kebijakan pemerintah dan otoritas terkait, semua standar dipatuhi secara ketat untuk memperlambat penyebaran virus corona," keterangan di laman resmi klub.

Berlatih dalam kelompok-kelompok kecil membuat kiper Die Roten, Manuel Neuer, merasa aneh karena tidak biasa. Meskipun demikian, baginya yang terpenting adalah tetap bisa berlatih dalam pandemi ini.

"Jelas hal tidak biasa ketika kami mengadakan sesi latihan dalam kelompok-kelompok kecil seperti hari ini, tetapi juga sangat menyenangkan bisa kembali bertemu rekan-rekan setim. Saya berterima kasih kepada klub dan semua tim yang telah membantu kami berlatih di atas lapangan lagi selama masa sulit ini," kata Neuer.

Selain Neuer, latihan pertama Bayern Munchen juga diikuti oleh bomber utama Robert Lewandowski. Striker asal Polandia ini sempat menepi 6 pekan karena menderita masalah lutut. Cedera Lewandowski didapat ketika timnya menang 0-3 atas Chelsea di babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 akhir Februari lalu.



Bundesliga Jerman saat ini dihentikan sementara. Komite Eksekutif DFL (otoritas penyelenggara liga) sebelumnya menangguhkan pertandingan kompetisi level satu dan dua, 1.Bundesliga dan 2.Bundesliga, hingga 30 April 2020.

Meskipun demikian, DFL tetap berharap kompetisi musim ini dapat diselesaikan hingga 30 Juni mendatang dengan catatan sudah ada izin serta jaminan kesehatan bagi publik.

"Komite Eksekutif akan merekomendasikan adanya penangguhan untuk pertandingan selanjutnya di Bundesliga dan Bundesliga 2 hingga setidaknya pada 30 April," pernyataan DFL dilansir laman resmi, Selasa (24/3).

Sementara itu, Presiden Menteri Nordrhein-Westfalen, Armin Laschet, mengakui adanya opsi menggelar kembali Bundesliga akhir April ini. Meskipun demikian, itu hanyalah opsi. Andai itu terjadi, yang dapat dipastikan adalah, laga akan digelar tanpa penonton.

"Liga (DFL) memiliki ide agar Bundesliga bisa dimulai lagi pada akhir April. Ini akan menjadi pertanyaan yang akan dibahas minggu depan (dalam rapat berikutnya). Bundesliga mungkin akan dimainkan kembali, tapi satu hal yang jelas: tanpa penonton," terangnya dikutip Kicker.

Bayern Munchen masih menguasai puncak klasemen Liga Jerman dengan koleksi 55 poin. Klub besutan Hansi Flick ini hanya berjarak empat angka dengan Borussia Dortmund selaku penghuni runner-up.

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight