Premier League

Liga Inggris 2020-2021: Jadwal, Kick-off, Tim Promosi & Peserta EPL

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 24 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
EPL Liga Inggris musim 2020/2021 akan kick-off mulai 12 September mendatang.
tirto.id - EPL Liga Inggris musim 2020/2021 akan kick-off mulai 12 September mendatang. Sebanyak 20 tim kembali berlaga setelah Premier League 2019/2020 baru berakhir pada 26 Juli lalu.

Klub-klub EPL pun harus mengatasi jeda istirahat singkat untuk bersaing di strata tertinggi sepak bola Inggris.

Leeds United, West Bromwich Albion, dan Fulham merupakan pendatang baru musim ini. Tiga klub itu menggantikan Bournemouth, Watford, dan Norwich City yang terdegradasi ke EFL Championship. Ketiganya jelas mengusung ekspektasi untuk menjauhi zona degradasi pada 2020/2021.

Persaingan Papan Atas

Persaingan papan atas Premier League diprediksi akan berlangsung panas. Liverpool tentu hendak mempertahankan titel yang diraih dengan gap 18 poin musim lalu. Sedangkan Manchester City juga difavoritkan untuk menjegal misi The Reds tersebut.

Skuat asuhan Pep Guardiola berniat mengembalikan dominasi mereka di sepak bola Inggris. Setelah dua kali juara beruntun, The Citizens hanya finis di peringkat dua dan meraih trofi Piala Liga musim lalu.

Pada musim ini, Man City telah menggelontorkan dana besar untuk membeli Ferran Torres dan Nathan Ake dengan total biaya hampir 80 juta euro.

Selain dua klub di atas, Chelsea juga menunjukkan niat untuk bersaing di papan atas. The Blues sendiri telah meresmikan kedatangan Hakim Ziyech dan Timo Werner untuk musim depan. Chelsea pun dilaporkan masih giat berburu pemain top Eropa dengan mengincar Ben Chilwell, Kai Havertz, dan Thiago Silva.

Manchester United juga diperkirakan akan kembali meramaikan perebutan empat besar musim depan. Pada paruh kedua musim 2019/2020, anak asuh Ole Gunnar Solksjaer menunjukkan perkembangan signifikan dan berhasil finis di peringkat tiga.

Kebangkitan Setan Merah di akhir musim terinspirasi oleh penampilan trengginas kurtet andalan Solksjaer: Anthony Martial, Bruno Fernandes, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford.

Di lain sisi, Tottenham Hotspur, Arsenal, Leicester City, dan Wolverhampton Wanderers juga berpeluang bersaing di perebutan empat besar. Empat klub ini punya kans untuk menyaingi Chelsea dan MU yang difavoritkan mengisi empat besar Premier League 2020/2021.


Kick-off EPL 12 September

Sepak mula Liga Inggris musim 2020/2021 dijadwalkan pada 12 September pukul 21.30 WIB. Sebanyak 16 tim akan bertanding di pekan perdana ini.

Empat tim lain, yaitu Manchester United, Manchester City, Burnley, dan Aston Villa baru mulai bertanding pada pekan kedua.

Hal ini disebabkan masa istirahat tambahan bagi MU dan Man City. Partisipasi dua klub Manchester itu di Liga Champions dan Europa League membuat mereka diberi jeda istirahat lebih lama.

Salah satu laga yang menarik disimak pada pekan perdana adalah Liverpool vs Leeds United. Juara EFL Championship akan langsung berhadapan dengan kampiun Premier League di Anfield.

Selain itu, duel sengit antara Tottenham Hotspur vs Everton dan Sheffield United vs Wolverhampton juga dijadwalkan pada pekan pertama.

Jadwal Pekan 1 EPL 2020/2021

Sabtu 12 Desember

21.00 WIB: Crystal Palace vs Southampton
21.00 WIB: Fulham vs Arsenal
21.00 WIB: West Ham vs Newcastle
21.00 WIB: West Brom vs Leicester
21.00 WIB: Tottenham vs Everton
21.00 WIB: Liverpool vs Leeds

Selasa 15 September

02.00 WIB: Sheffield Utd vs Wolves
02.00 WIB: Brighton vs Chelsea

Baca juga artikel terkait PREMIER LEAGUE atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight