Advertorial

Liburan Maksimal dengan Fitur Penerbangan Traveloka

Oleh: Advertorial - 22 April 2019
Dibaca Normal 2 menit
Layanan Pre-Booking, On-Booking, dan Online Check In yang disediakan Traveloka membuat semua tahapan yang harus dilalui seseorang saat hendak bepergian menggunakan pesawat menjadi lebih mudah dan praktis.
tirto.id - Traveling atau pelesiran telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan generasi milenial. Hasil penelitian ThinkDigital.Travel menyebut 6 dari 10 kalangan milenial lebih rela menghabiskan uang mereka demi pengalaman yang dapat memperkaya kehidupan ketimbang membelanjakannya untuk benda-benda material. Dan kecenderungan demikian, sebagaimana disampaikan Rhenald Kasali, menegaskan keterkaitan Revolusi Digital dengan gaya hidup generasi milenial.

“Milenial membuat disrupsi di pariwisata. Disrupsi mempersingkat dan menekan harga dengan teknologi, sehingga membuat cara-cara lama tidak dipakai lagi. Milenial dan teknologinya bisa menyebabkan harga tidak naik meskipun rupiah turun,” katanya.

Apa yang disampaikan Rhenald tercermin dari pernyataan Rayne Melyssa, 27 tahun, seorang account manager sebuah perusahaan BUMN di NTT. “Karena praktis, saya biasa pakai Traveloka untuk keperluan liburan,” katanya. Tinggal dan bekerja di Sumba, Rayne menyebut Jakarta, Surabaya, dan Bali sebagai destinasi wisata favoritnya. “Sumba adalah tempat saya bekerja. Saya perlu tempat lain untuk membebaskan diri dari rutin dan pekerjaan.”

Tahun lalu, berdasarkan keterangan Ketua Ikatan Cendikiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Azril Azahari, sumbangan kalangan milenial untuk sektor pariwisata domestik baru mencapai 25%. "Kaum milenial ini memang berpotensi dalam peningkatan jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus). Kalau ini memang digarap benar-benar, pemerintah menyasar wisnus, bisa jadi 75% porsinya berasal dari milenial," ujarnya sebagaimana dilansir Bisnis Indonesia.

Lengkap dan Memahami Kebutuhan

Selain gemar pelesiran, ciri lain generasi milenial adalah melek teknologi. Nyaris semua aktivitas mereka—mulai dari memesan makanan, belanja, hingga mencari pasangan dan berbagai informasi—kerap dilakukan lewat aplikasi. Karena itulah di era serba digital ini sebuah aplikasi dituntut memahami kebutuhan penggunanya. Dan sebagaimana pengakuan Rayne Melyssa, itulah yang diberikan Traveloka lewat fitur penerbangannya.

Seiring meningkatnya jumlah penumpang pesawat terbang, Traveloka menyediakan fitur-fitur untuk melayani kebutuhan pre-booking, on-booking, dan Online Check In.

Infografik Advertorial Travelling menyenangkan
Infografik Advertorial Travelling menyenangkan Traveloka. tirto.id/Mojo


Pada layanan pre-booking, pengguna bisa memaksimalkan fitur Price Alerts. Fitur ini membantu pengguna untuk memperoleh tiket pesawat dengan harga termurah sesuai tanggal dan tujuan keberangkatan. Sebagai gambaran, setelah menetapkan batasan harga, pengguna akan mendapatkan notifikasi di peramban dan aplikasi ponsel jika ada tiket pesawat yang sesuai keinginan.

Adapun fitur-fitur pada layanan on-booking antara lain Meal Selection, Seat Selection, Extra Baggage, Airport Lounge dan Baggage Wrap. Sesuai namanya, Seat Selection berarti fitur untuk memilih tempat duduk sesuai kehendak calon penumpang; Meal Selection berfungsi untuk memesan makanan dan minuman; Extra Baggage adalah fitur untuk memesan bagasi tambahan; Airport Lounge untuk pemesanan lounge bandara; dan Baggage Wrap untuk pemesanan voucher pembungkusan (wrapping) bagasi di bandara.

Mengingat semua layanan di atas sebelumnya hanya bisa diakses lewat situs resmi maskapai, kehadiran fitur-fitur tersebut di Traveloka memungkinkan pengguna dapat memastikan kenyamanan perjalanan bahkan sebelum tiba di bandara.

Setelah segala urusan yang berkaitan dengan on-booking terpenuhi, layanan Online Check-In yang disediakan Traveloka juga menjamin pengguna tidak perlu tergesa-gesa ke bandara demi check-in manual. Untuk pengguna gawai, fitur Online Check-In dapat diakses di Homepage, tepat di samping lambang fitur Price Alerts. Setelah memesan tiket, pengguna dapat melakukan online check-in dengan mengisi rincian data yang diminta. Boarding pass yang telah di-check-in dapat dilihat melalui e-ticket atau dikirim ke alamat email pengguna.

Online Check-In sangat membantu, terutama kalau waktu berangkat ke bandara mepet. Saya bisa menghindari antrean, dan hanya perlu melapor untuk mengambil boarding pass cetak di bandara,” ujar Rayne, menambahkan.

Di luar siklus boarding, Traveloka juga menyediakan fitur Flight Status yang bisa diakses kapan saja sebelum bepergian. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengetahui informasi mengenai jadwal penerbangan, penerbangan yang memasuki panggilan terakhir, bahkan penerbangan yang ditunda atau dibatalkan oleh maskapai. Anda hanya tinggal memasukkan rute dan tanggal keberangkatan, atau kode penerbangan, untuk melihat status yang disediakan fitur tersebut.

Singkatnya, seluruh fitur di atas memungkinkan Anda mendapatkan pengalaman mudah dan nyaman saat hendak bepergian dengan pesawat terbang. Jika filsuf klasik Yunani Herakleitos menyebut waktu adalah permainan yang menyenangkan buat anak-anak, maka fitur-fitur yang ditawarkan Traveloka memungkinkan waktu liburan Anda tak terbuang sia-sia. Semua kebutuhan penerbangan—mulai dari pesan tiket hingga perlindungan bagasi—kini bisa Anda nikmati lewat satu aplikasi saja.

Info lebih lengkap mengenai fitur-fitur Traveloka tersebut bisa diakses lewat tautan berikut.