Menuju konten utama

Libur Panjang Iduladha, ASDP Prediksi Penumpang Naik 10 Persen

ASDP Indonesia memperkirakan terjadi peningkatan angkutan penumpang dan kendaraan sebesar 5-10 persen selama libur panjang Iduladha 1444 Hijriah.

Libur Panjang Iduladha, ASDP Prediksi Penumpang Naik 10 Persen
Sejumlah pemudik roda dua asal Bali melintasi dermaga saat turun dari kapal di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (19/4/2023). ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/YU

tirto.id - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperkirakan terjadi peningkatan angkutan penumpang dan kendaraan sebesar 5-10 persen selama libur panjang Iduladha 1444 Hijriah. Peningkatan ini seiring dengan bertepatan momen libur anak sekolah pada Juni 2023.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menyampaikan, berdasarkan data Posko Merak, peningkatan arus terjadi pada Selasa (27/6), dari total 28 armada kapal yang dioperasikan jumlah total kendaraan yang telah diseberangkan angkanya mencapai 11.329 unit kendaraan, dengan rincian sebanyak 5.475 unit kendaraan pribadi, sebanyak 2.456 unit roda dua, sebanyak 373 unit bus, dan sebanyak 3.025 truk.

Total jumlah penumpang yang diseberangkan pada Selasa (27/6) mencapai 47.494 penumpang, dengan rincian sebanyak 4.037 orang penumpang pejalan kaki dan sebanyak 4.357 orang penumpang dalam kendaraan. Jumlah ini mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan jumlah kendaraan biasanya, yang hanya berkisar antara 5.000 hingga 8.000 unit kendaraan campuran pada hari-hari biasa.

"ASDP berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik selama masa libur panjang Iduladha 1444 H," kata Shelvy dalam pernyataannya, Jumat (30/6/2023).

Dalam hal ini, ASDP juga menambah fasilitas penunjang bagi pengguna jasa di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Penambahan infrastruktur penunjang tersebut menelan total investasi sebesar Rp27 miliar.

Shelvy mengatakan, penambahan infrastruktur penunjang tersbeut diantaranya access bridge penghubung terminal eksekutif, penyediaan garbarata dermaga eksekutif II, penambahan kapasitas, serta renovasi ruang tunggu layanan eksekutif II, khususnya di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

"ASDP terus melakukan inovasi-inovasi yang akan menambah kenyamanan pengguna jasa selama melakukan perjalanan melalui pelabuhan ASDP," ujarnya.

Shelvy menegaskan, manajemen ASDP terus mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengguna jasa sebagai hal signifikan yang secara berkelanjutan terus ditingkatkan. Selain itu, berdasarkan statistik, jumlah pengguna jasa yang melintas di Merak-Bakauheni terus meningkat tiap tahunnya, sehingga ASDP berkewajiban untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya.

"Dengan begitu pengguna jasa mendapatkan layanan prima dan experience lebih ketika berada di pelabuhan dan saat menikmati perjalanan menggunakan kapal ferry," ujar Shelvy menambahkan.

General Manager ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengatakan, dalam pembangunan access bridge yang menghubungkan terminal eksekutif 1 dan 2 serta reguler dengan tetap mengutamakan safety and service. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna jasa dari dermaga regular ke eksekutif begitu pula sebaliknya.

"Keberadaan access bridge diharapkan dapat meningkatkan keselamatan penumpang karena jalur yang digunakan antara pejalan kaki dan kendaraan berbeda," ujarnya.

Data produksi pelabuhan tahun 2022 menunjukkan padatnya jumlah pengguna jasa di dua lintasan tersibuk milik ASDP ini. Tercatat terdapat 481.690 pejalan kaki dan 2.694.885 kendaraan yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak. Kemudian tercatat 454.456 pejalan kaki dan 2.515.589 kendaraan yang menyeberang melalui pelabuhan Bakauheni.

Adapun spesifikasi fasilitas baru access bridge di Pelabuhan Merak memiliki panjang 441,2 meter dan tinggi 8,788 meter, sedangkan access bridge di Bakauheni memiliki panjang 70,5 meter dan tinggi 9.596 meter dengan lebar ruang pejalan kaki masing-masing sebesar 4 meter. Seluruh konstruksi menggunakan baja kokoh dan dipastikan aman bagi pengguna jasa.

Selanjutnya Pelabuhan Merak juga telah melakukan peningkatan kapasitas dermaga II dengan melakukan pengerukan kolam dermaga, pembongkaran moveable bridge, dan pemasangan tiang pancang dan pile cap. Penyediaan garbarata Dermaga Eksekutif II Pelabuhan Merak dan Bakauheni telah selesai dan terinstalasi di masing-masing pelabuhan. Perombakan fasilitas lainnya adalah renovasi ruang tunggu terminal eksekutif Merak dan gangway dengan progress total saat ini telah mencapai 100 persen.

“Inovasi yang dihadirkan adalah bukti bahwa ASDP secara konsisten mengedepankan keselamatan dan layanan penuh keramahan, tulus, dan berkualitas,” ujar Shelvy menandaskan.

Baca juga artikel terkait LIBUR IDUL ADHA 2023 atau tulisan lainnya dari Dwi Aditya Putra

tirto.id - Ekonomi
Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Anggun P Situmorang