Libur Lebaran TMII Ramai, Hari Ini Bisa Capai 35 Ribu Pengunjung

Oleh: Andrian Pratama Taher - 15 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Selama Libur Lebaran ini, pengelola TMII memprediksi jumlah pengunjung akan mencapai 35 ribu terutama pada hari ini, Sabtu (15/5/2021).
tirto.id - Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mencatat total sekitar 35 ribu pengunjung berekreasi selama dua hari Lebaran, Kamis (13/5/2021) dan Jumat (14/5/2021). Pihak pengelola memprediksi jumlah pengunjung akan mencapai 35 ribu pada hari ini.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat TMII Adi Widodo menuturkan, jumlah kunjungan di hari pertama dan hari kedua melebihi 10 ribu pengunjung. Bahkan, jumlah pengunjung TMII di hari kedua Lebaran tembus 20 ribu lebih.

"Lebaran pertama 12.500, hari kedua 23 ribu kurang sedikit," kata Adi kepada reporter Tirto, Sabtu (15/5/2021).

Adi mengatakan, jumlah tersebut sudah menggembirakan. Sebab, jumlah pengunjung tertinggi selama pandemi terjadi pada saat Hari Raya Nyepi yang mencapai 15.500 pengunjung. Angka tersebut belum mencapai kapasitas 50 persen TMII yang mencapai 30 ribu pengunjung. Ia pun menekankan, jumlah pengunjung yang tercatat tidak berarti datang secara langsung di waktu bersamaan.

Pihak TMII melakukan penutupan di waktu tertentu demi memenuhi ketentuan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pembatasan jumlah pengunjung.

Khusus hari ini, Adi mengaku pihak TMII tidak memiliki target pengunjung. Namun, mereka memprediksi jumlah pengunjung akan mengalami peningkatan dibandingkan dua hari lebaran kemarin.

"Kalau perkiraan 25-30 ribu (pengunjung)," kata Adi.

Adi pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin berkunjung untuk memperhatikan protokol kesehatan. Ia menegaskan, protokol kesehatan TMII ketat dengan melarang warga suhu tinggi untuk hadir serta wajib masker. Tim lapangan pun tidak ragu untuk menertibkan kerumunan. Ia pun meminta pengertian warga non-KTP Jakarta untuk mempertimbangkan niat berwisata ke TMII.

"Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke TMII mohon untuk kesehatan diperhatikan. Prokes TMII ketat, suhu tinggi tidak diizinkan masuk, masker wajib. Apabila berkerumun akan kita tertibkan," tutur Adi.

"Bagi yang bukan KTP DKI, mohon untuk mempertimbangkan niat wisatanya. Pada saat ini mari kita utamakan kesehatan agar pandemi ini segera diatasi dan kita dapat beraktivitas seperti bisa. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin," lanjutnya.

Baca juga artikel terkait LIBUR LEBARAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight