Lapas Klas II B Pidie Terbakar, Napi Lempari Petugas dengan Batu

Oleh: Addi M Idhom - 3 Juni 2019
Lapas Klas II B Pidie, Aceh terbakar pada Senin siang (3/6/2019). Saat pemadaman dilakukan, para napi di lapas itu melempari petugas dengan batu.
tirto.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B, Blang Paseh, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh terbakar pada sekitar pukul 11.30 WIB, Senin siang (3/6/2019).

Sejumlah polisi dengan senjata laras panjang terlihat berjaga di sekitar lapas itu saat pemadaman kebakaran dilakukan. Namun, para narapidana dan tahanan di lapas itu justru melempari petugas dengan batu.

"Awas-awas, jangan mendekat, dilempari dengan batu oleh Napi dari dalam Lapas," kata petugas kepolisian yang sedang mengamankan pemadaman kebakaran seperti dilansir Antara.

Berdasar pantauan Antara, lemparan batu dari dalam Lapas mengarah ke para petugas keamanan dan pemadam kebakaran yang sedang berada di luar rumah tahanan tersebut. Meskipun demikian, para petugas tetap berupaya memadamkan kebakaran.

Untuk memadamkan kebakaran di lapas ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie mengerahkan empat unit mobil pemadam.

Kapolresta Pidie, AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar memastikan belum ada napi yang kedapatan melarikan diri dari lapas.

"Semua napi masih berada di dalam Lapas," kata Andy di depan Lapas Kelas II B, Blang Paseh, Pidie.

Petugas keamanan juga terpantau belum melakukan evakuasi terhadap para narapidana dari dalam lapas tersebut.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Sementara ini, api diduga berasal dari salah satu ruang pegawai lapas. Sampai Senin sore, kebakaran belum bisa dipadamkan.


Baca juga artikel terkait KEBAKARAN atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Hukum)

Sumber: Antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight