Lakukan 3K untuk Lawan Covid-19, Saran Psikolog

Oleh: Yantina Debora - 23 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Psikolog sarankan lakukan 3K untuk bantu lawan Covid-19.
tirto.id - Selain kampanye 3M yang dilakukan pemerintah untuk mencegah Covid-19, ada juga 3K yang bisa dilakukan masyarakat untuk melawan Covid-19.

Hal itu disampaikan Psikolog Edward Andriyanto Sutardhio, M.Psi. Menurutnya, untuk memberikan energi positif demi meningkatkan imunitas melawan Covid-19 dapat dilakukan dengan:

- Kaji informasi;

- Kelola emosi;

- Kembangkan sumber daya.

Menurutnya, dengan terlalu melihat penambahan kasus positif hari per hari, terkadang orang lupa bahwa angka pasien yang berhasil sembuh dari penyakit itu melebihi pasien baru.


"Kaji informasi yang masuk, jangan hanya lihat data penambahan kasus hari ini, berapa kematian yang ada hari ini. Tapi lihat juga, agar kita lebih meningkatkan emosi positif, lihat siapa yang sembuh hari ini dan berapa banyak," kata Edward dalam diskusi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta.

Pengkajian informasi, kata akademisi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu, adalah untuk memasukkan hal-hal positif untuk mendukung peningkatan imunitas.

Perlu juga dilakukan kelola emosi, yaitu memikirkan yang memang perlu dipikirkan untuk hari ini dan melakukan relaksasi serta menenangkan diri. Hal itu bisa dilakukan dengan cara berkomunikasi dengan orang-orang positif.

Tak hanya itu, menurutnya, pasien yang dalam proses kesembuhan melawan Covid-19 juga bisa melakukan K terakhir, yaitu kembangkan sumber daya dengan memanfaatkan sumber daya sekitar untuk memberikan energi positif kepada diri sendiri.

Edward memberi contoh, seperti mendoakan orang lain yang dapat membantu diri sendiri serta pasien lain atau menghubungi keluarga yang dapat membantu ketenangan diri.

Menurut dia, tanpa disadari sebenarnya banyak sekali sumber daya di sekeliling yang dapat membantu memberikan energi positif kepada pasien.

"Sebenarnya kita tidak menyadari sumber daya di sekeliling. Kita fokus pada rasa bersalah, penyesalan, kita harus mulai melihat sumber daya," ujarnya.

Baru-baru ini pemerintah mengeluarkan Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19 Oktober 2020. Panduan ini berisi soal berbagai langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam pedoman tersebut, Pemerintah memberika 3 cara menjaga daya tahan mental selama pandemi Covid-19:

- Rajin beribadah dan tidak panik;

- Menjaga hubungan baik dengan orang-orang terdekat dan lingkungan sekitar;

- Bijak memilih informasi.

Selain itu, pemerintah juga mengimbau agar menjaga daya tahan tubuh. Untuk menjaga daya tahan tubuh pemerintah menganjurkan untuk:

- Berjemur di bawah matahari pagi selama 5-15 menit, 2-3 kali seminggu;

- Olahraga rutin minimal 30 menit per hari;

- Minum air putih 2 liter per hari;

- Tidur cukup 7-8 jam per hari;

- Konsumsi makanan sehat dan gizi seimbang;

- Konsumsi suplemen atau vitamin sesuai anjuran dokter.



----------
Artikel ini diterbitkan atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight