Laga Persahabatan Wales vs Spanyol: Jadwal, Prediksi, Skor H2H

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 11 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Laga persahabatan antara Wales vs Spanyol akan digelar di Stadion Millennium, Jumat (12/10/2018) pukul 01.45 WIB.
tirto.id - Laga persahabatan internasional antara Wales vs Spanyol akan digelar di Stadion Millennium, Jumat (12/10/2018) pukul 01.45 WIB. Dalam laga uji coba ini, kedua tim berkesempatan menguji skuat sebelum berlaga di ajang Liga Negara Eropa.

Jelang laga ini, timnas Spanyol sedang dalam tren positif. Sejak Luis Enrique ditunjuk sebagai pelatih, La Furia Roja sukses memenangi kedua pertandingannya. Bahkan, Sergio Ramos dan kolega mampu membantai finalis Piala Dunia 2018, Kroasia dengan skor 6-0 di ajang Liga Negara Eropa.

Catatan apik Luis Enrique tersebut dapat memberi harapan baru kepada publik Spanyol. Sebelumnya, di bawah asuhan Fernando Hierro, La Furia Roja tersingkir secara mengejutkan dari Piala Dunia 2018. David De Gea dan kolega disingkirkan tuan rumah Rusia di babak 16 besar turnamen tersebut.

Luis Enrique sendiri memang melakukan beberapa perubahan setelah Spanyol tersingkir secara mengejutkan di Rusia 2018. Jelang melawan Wales pun, eks pelatih Barcelona itu juga membuat beberapa perubahan.

Jelang menghadapi Wales, Enrique kembali mengesampingkan bek kiri Barcelona, Jordi Alba yang sebelumnya selalu menjadi starter bagi Spanyol. Di pos bek kiri, Enrique juga memanggil bek kiri Wolves, Jonny untuk pertama kalinya.

Sementara itu, tuan rumah Wales harus menerima kabar negatif jelang menjamu Spanyol. Penyerang andalan Wales, Gareth Bale diragukan tampil menyusul masalah pada ototnya. Pelatih Ryan Giggs pun menyebut Bale “sangat diragukan” tampil melawan Spanyol.

Jelang menjamu Spanyol, Giggs juga mengakui bahwa laga ini akan berjalan sulit bagi timnya. Eks pemain Manchester United itu juga menyanjung pelatih Luis Enrique jelang laga di Stadion Millennium.

“Mereka punya manajer baru dan tampil sangat impresif bulan lalu melawan Inggris dan Kroasia. Ini [laga melawan Spanyol] sulit tapi menarik. Kami akan menghadapi beberapa pemain terbaik dunia dan salah satu manajer terbaik,” ucap Giggs dikutip laman resmi Asosiasi Sepakbola Wales (FAW).

Perkiraan Susunan Pemain

Wales (4-2-3-1): Wayne Hennessey; Connor Roberts, Chris Mepham, James Chester, Ben Davies; Joe Allen, Ethan Ampadu; David Brooks, Aaron Ramsey, Harry Wilson; Sam Vokes.

Spanyol (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Sergio Ramos, Gerard Pique, Marcos Alonso; Saul Niguez, Rodrigo, Thiago Alcantara; Suso, Rodrigo Moreno, Marco Asensio.

Rekor Head to Head

Wales dan Spanyol sudah lama tidak berlaga di level internasional. La Furia Roja terakhir kali menghadapi Wales pada 1985 di ajang kualifikasi Piala Dunia. Dari lima pertemuan kedua tim, Spanyol sukses menang dua kali atas Wales dan baru kalah sekali.

19-04-1961 Wales 1-2 Spanyol
18-05-1961 Spanyol 1-1 Wales
24-03-1982 Spanyol 1-1 Wales
17-10-1984 Spanyol 3-0 Wales
30-04-1985 Wales 3-0 Spanyol

Prediksi Pertandingan

Rekor Ryan Giggs sepanjang menajdi pelatih Wales tidak begitu menggembirakan. Dari lima pertandingan, Giggs hanya mampu menang dua kali, kalah dua kali, dan sekali imbang. Menilik rekor tersebut, Giggs kemungkinan besar akan kesulitan menghadapi tim kuat Spanyol.

Terlebih lagi Spanyol dalam tren positif sejak diasuh Luis Enrique. La Furia Roja berhasil menekuk Inggris dan Kroasia. Bahkan, anak asuh Enrique menekuk Kroasia dengan skor telak 6-0.

Skuat asuhan Luis Enrique pun diprediksi tidak akan terlalu kesulitan untuk menghadapi Wales. Sebaliknya, tuan rumah harus berharap banyak pada lini pertahanan dan performa kiper Wayne Hennessey. Untuk mencetak gol, Wales harus memaksimalkan potensi serangan balik yang bisa memanfaatkan dua pemain sayap yang sedang naik daun, Harry Wilson dan David Brooks.


Baca juga artikel terkait LAGA PERSAHABATAN INTERNASIONAL atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ikhsan Abdul Hakim