Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia: Indonesia di Pot Terbawah?

Oleh: Fitra Firdaus - 12 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Timnas Indonesia berpeluang masuk pot kelima atau terbawah di ronde kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.
tirto.id - Tim nasional (Timnas) Indonesia berpeluang masuk ke pot kelima atau pot terbawah di ronde kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang juga merupakan Pra Piala Asia 2023. Hal ini terjadi setelah Garuda dikalahkan Yordania 4-1 dalam laga internasional terakhir mereka pada Selasa (11/6/2019).

Jika mengacu pada pemeringkatan FIFA edisi paling mutakhir, yang dirilis pada April 2019, Timnas Indonesia ada di posisi ke-159 FIFA. Mereka ada di atas Malaysia, yang menduduki urutan ke-168. Selain itu, masih ada 7 tim lain di ronde kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berperingkat lebih rendah dari Indonesia.

Dalam format kualifikasi ronde kedua, terdapat total 40 tim peserta. Mereka akan dibagi ke dalam 8 grup. Dengan demikian, setiap grup akan terdiri dari 5 tim. Untuk memudahkan pembagian grup, 40 tim tersebut dibagi ke dalam lima pot, sehingga di setiap grup akan ada tim dari pot 1, pot 2, pot 3, pot 4, hingga pot 5.

Pembagian pot tersebut akan didasarkan peringkat FIFA edisi terbaru pada 14 Juni 2019. Undian ronde kedua ini sendiri baru dilakukan pada 17 Juli 2019 di Doha, Qatar.

Malaysia dalam pertandingan terakhir, mampu mengalahkan Timor Leste dengan total agregat 12-2. Tambahan poin kemenangan dalam dua partai tersebut, diklaim oleh Footy Ranking akan melontarkan posisi Harimau Malaya hingga urutan ke-159.

Sebaliknya, dengan kekalahan 4-1 atas Yordania, Indonesia tidak mendapatkan tambahan poin, bahkan akan mengalami penurunan peringkat. Mereka bisa berada di bawah Malaysia, dengan ada di posisi ke-160.

Konsekuensi hal tersebut adalah, Indonesia bisa masuk ke pot kelima, alias pot terbawah, bersama tim-tim lain yang sudah terpatri posisinya, yaitu Singapura, Nepal, Bangladesh, Mongolia, Guam, Sri Lanka, dan yang paling buncit Kamboja.



Aturan Ronde Kedua Kualifikasi PD 2022 Zona Asia

Dalam aturan ronde kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, semua tim yang berpartisipasi punya peluang sendiri-sendiri. Sebagai catatan, kualifikasi ini digabung dengan Pra Piala Asia 2023.

Tim dengan peringkat terburuk atau peringkat kelima grup, akan lolos ke play-off kualifikasi Piala Asia.

Tim dengan peringkat terburuk kedua atau peringkat keempat grup, memiliki dua kemungkinan. Pertama, bisa saja lolos ke ronde ketiga kualifikasi Piala Asia, atau yang kedua, melewati babak play--off.

Tim dengan peringkat ketiga grup, akan lolos ke ronde ketiga kualifikasi Piala Asia.

Tim dengan peringkat kedua grup, punya dua kemungkinan. Pertama, mereka otomatis lolos ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 dan lolos ke Piala Asia 2023. Kedua, mereka lolos ke ronde ketiga kualifikasi PD 2022, tetapi harus melewati ronde ketiga babak kualifikasi Piala Asia.

Sementara itu, tim peringkat pertama, otomatis lolos ke ronde ketiga kualifikasi PD 2022 dan lolos pula ke putaran final Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia Menjamu Vanuatu

Usai Timnas Indonesia dikalahkan Yordania 4-1 di Stadion King Abdullah II, Amman, pelatih Simon McMenemy mengungkapkan, misi utama timnya, menghadapi lawan yang kuat, sudah terpenuhi.

"Kredit tersendiri untuk Yordania. Mereka tim yang kuat, punya teknis bagus. Ini adalah tim (Yordania) yang sama ketika mengalahkan Australia. Alasan utama kami ke sini adalah mendapat lawan tim kuat, dan kami dapat itu," katanya dikutip laman resmi PSSI pada Rabu (12/6/2019).

Timnas Indonesia sendiri masih bakal menjalani satu uji coba internasional lagi, yaitu melawan Vanuatu di Jakarta. Meskipun demikian, mengingat laga baru digelar pada Sabtu (15/6/2019), dapat dipastikan laga itu tidak berpengaruh dalam pemeringkatan FIFA untuk edisi Juni 2019.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus