Kronologi Kasus Pelecehan Ryujin ITZY oleh Rapper Owen eks SMTM 9

Oleh: Maria Ulfa - 17 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Owen telah menuai kritik atas kontroversinya melontarkan komentar pelecehan seksual terhadap personel ITZY, Ryujin.
tirto.id - Mantan kontestan program surivival rap Show Me The Money (SMTM) ke-9, Owen telah menuai kritik atas kontroversinya melontarkan komentar pelecehan seksual terhadap personel ITZY, Ryujin.

Hal tersebut bermula ketika salah seorang yang diduga penggemar Ryujin menuliskan komentar yang mengatakan, “Sejujurnya, aku pikir rap Ryujin unnie lebih baik dibandingkan kamu [Owen], demikian, seperti dikutip Koreaboo pada Sabtu (17/4/2021).

Menanggapi komentar tersebut, Owen membalas dengan mengatakan, “Ya. Rap-nya dikandung dan lahir dari spermaku.”

Tak lama kemudian, komentar tersebut telah dihapus, dan warganet langsung membanjiri kolom komentar tersebut dan menunjukkan perasaan kesal mereka terhadap Owen.

Mereka juga menuduh Owen telah melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap personel ITZY tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Owen berada di tengah kontroversi pelecehan seksual. Rapper ini sebelumnya berada di bawah pengawasan ketat ketika ia melontarkan komentar bernada seksual di salah satu live streaming Instagram-nya.

Selain itu, Owen juga tersandung kasus pemakaian ganja. Karena kasus itu pula, rapper itu dikeluarkan dari program acara SMTM 9 dan bagiannya di acara yang sedang tayang tersebut diedit dan diblur.

Owen juga menjadi pusat perhatian yang lebih besar ketika menyeret gerakan Black Lives Matter selama sesi live Instagram lainnya.

Owen mengatakan, “Mengapa aku perlu mengakui perjuangan orang kulit hitam? Mengapa aku harus melakukannya? Aku tahu apa kampanyenya. Aku tidak peduli, aku masih menghasilkan uang,” katanya.

Ia menambahkan, “Boikot aku, katakan boikot aku. Tidak ada yang dapat kalian lakukan tentang itu.”

Karena banyaknya kontroversi tersebut, rapper ini relatif menjadi pendiam dan tidak menjadi sorotan lagi sampai sekarang.

Meskipun Owen telah meminta maaf atas kontroversi sebelumnya, ia belum memberikan pernyataan terkait komentarnya tentang Ryujin ITZY.

Ryujin sendiri memiliki nama asli Shin Ryu Jin, merupakan artis di bawah JYP Entertainment yang pernah muncul dalam acara survival bentukan YG Entertainment, MIXNINE yang tayang di JTBC dan menduduki peringkat pertama dari grup perempuan.

Hari ini, Sabtu (17/4/2021) Ryujin genap berusia 20 tahun (usia internasional). Ia debut bersama ITZY dengan single “Dalla Dalla” pada 11 Februari 2019 lalu.

Sejak debut, ITZY telah menarik perhatian publik, dibuktikan dari Music Video (MV) “Dalla Dalla” yang berhasil menjadi video klip debut girl group Korea tercepat meraih angka 100 juta penayangan di YouTube saat itu.

ITZY merupakan girl group kedua setelah JYP membentuk TWICE pada 2015 lalu. Berbeda dengan TWICE yang sering menggunakan konsep imut dan polos, ITZY merupakan girl group yang akan menggunakan konsep girl crush dan seksi.


Baca juga artikel terkait RYUJIN ITZY atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight