Kronologi Jatuhnya Helikopter PT IMIP di Sulawesi Tengah

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 20 April 2018
Delapan penumpang termasuk pilot selamat, namun satu karyawan tewas tertimpa baling-baling helikopter.
tirto.id - Helikopter milik PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) jatuh pada Jumat (20/4/2018) sekitar pukul 09.20 WITA di Desa Fatufia, Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah. Peristiwa ini menyebabkan satu karyawan PT IMIP tewas dan 8 penumpang helikopter, termasuk pilot luka-luka.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tirto dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), helikopter lepas landas dari helipad PT IMIP sekitar pukul 09.15 WITA menuju Kendari. Pukul 09.17 WITA helikopter yang dikendarai Kapten Rudi tersebut tiba-tiba berbalik arah menuju landasan helipad PT IMIP.

Pukul 09.20 WITA, sebelum tiba di landasan, tiba-tiba helikopter terjatuh di depan pos 2 dan menimpa karyawan PT IMIP bernama Aris Heni Irawan (23). Ia merupakan karyawan Divisi Stoker yang sedang melintas di depan pos 2 hendak masuk kerja.

Sekitar pukul 09.21 WITA, Danru Pos 2 bersama anggota melakukan pertolongan terhadap pilot, co-pilot dan enam orang penumpang untuk dibawa ke poliklinik PT IMIP. Selang beberapa saat, tiga orang penumpang lain berhasil dievakuasi dan dibawa ke RSUD Kabupaten Morowali.


Data penumpang dan pilot yang terluka adalah sebagai berikut:

  1. Rudi (42), Kapten I menderita luka dalam.
  2. Deliati Hasiolan Gulo, Kapten II menderita luka patah di lengan kanan dan luka sobek di bagian kening.
  3. Xi Lai Wang (56) menderita luka ringan.
  4. Yan Yun (32) menderita luka ringan.
  5. Di Yi Fei (28) menderita luka ringan.
  6. Guan sempat kejang-kejang namun kondisinya membaik.
  7. Zhao Yipu, tidak menderita luka.
  8. Du Gui, tidak menderita luka.

Sementara, karyawan bernama Aris Heni tewas di tempat karena mengalami luka parah akibat tertimpa baling-baling helikopter.

Helikopter milik PT IMIP mengalami kerusakan pada bagian baling-baling utama dan baling-baling pengendali yang rusak berat akibat benturan pada saat jatuh. Penyebab jatuhnya helikopter hingga saat ini masih diselidiki Polsek Bahodopi.


Baca juga artikel terkait KECELAKAAN HELIKOPTER atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight