KPK Lakukan Operasi Tangkap Tangan di Subang

Oleh: Andrian Pratama Taher - 14 Februari 2018
KPK lakukan operasi tangkap tangan pada Selasa (13/2/2018) malam di Subang, Jawa Barat.
tirto.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT), Selasa (13/2/2018) malam. Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan KPK melakukan operasi tangkap tangan di Subang, Jawa Barat.

"Iya ada giat di Subang," kata Agus kepada Tirto, Rabu (14/2/2018).

Namun Agus tidak merinci siapa yang diamankan oleh KPK dalam operasi tersebut. Mantan Kepala LKPP itu meminta publik menunggu keterangan lebih lengkap pada saat konferensi pers.

"Tunggu konpersnya nanti," kata Agus.

Sebelumnya, Bupati Ngada, Marianus Sae terjaring OTT KPK pada Minggu (11/2/2018). Marianus merupakan calon gubernur (Cagub) Nusa Tenggara Timur (NTT) yang disokong oleh PDIP dan PKB.

Pada Senin (12/2/2018) Marianus Sae, Bupati Ngada periode 2015-2020, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diduga menerima gratifikasi yang terkait proyek pengadaan barang dan jasa di Pemkab Ngada.

Terkait kasus itu, selain Marianus, KPK juga menetapkan Wilhelmus Iwan Ulumbu sebagai tersangka. Marianus diduga menerima suap dari Direktur PT Sinar 99 Permai (S99P), Wilhelmus Iwan Ulumbu.

KPK menduga pemberian uang dari Wilhelmus kepada Marianus terkait "fee" proyek-proyek di Kabupaten Ngada. Wilhelmus merupakan salah satu kontraktor yang kerap mendapatkan sejumlah proyek di Ngada sejak 2011.



Baca juga artikel terkait OTT KPK atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Yantina Debora
a