Korban Tenggelam di Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi

- 11 Mei 2016
Tim Basarnas berhasil evakuasi jenazah korban tenggelam di Aik Kalak (Air Panas) Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
tirto.id - Tim Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) berhasil mengevakuasi jenazah Ike Suseta Adelia (26 tahun), seorang pendaki Gunung Rinjani asal Palembang Provinsi Sumatera Selatan pada Selasa, (10/5/2016). Ike diketahui tenggelam di Aik Kalak (Air Panas), yang merupakan bagian dari Danau Segara Anak, Gunung Rinjani.

"Korban berhasil kami evakuasi pada Selasa (10/5/2016) Pukul 22.18 WITA di Pos Pintu Senaru di Kabupaten Lombok Utara," kata Humas Basarnas Mataram Putu Cakra Ningrat, di Mataram, Rabu, (11/5/2016).

Diketahui, Ike mendaki Gunung Rinjani bersama rekan-rekannya pada hari Jumat (6/5/2016). Korban sempat dinyatakan hilang setelah sebelumnya mandi di Aik Kalak yang lokasinya tidak jauh dari Danau Segara Anak Gunung Rinjani pada Minggu (8/5/2016) sore. Jenazah Ike ditemukan mengapung pada keesokan harinya, Senin pagi sekitar Pukul 10.00 WITA di lokasi air panas tersebut.

Putu mengatakan, Tim Basarnas harus menempuh perjalanan selama dua hari dari Posko Sembalun Kabupaten Lombok Timur menuju lokasi ditemukan korban di Aik Kalak tepi Danau Segara Anak Gunung Rinjani, untuk kemudian membawa jenazah ke Posko Senaru Lombok Utara.

"Proses evakuasi sempat terkendala cuaca dengan hujan lebat ditambah medan yang cukup terjal, sehingga menyulitkan tim evakuasi membawa jenazah korban menuju Pos Senaru di Kabupaten Lombok Utara," kata Putu.

Menurut Putu, setelah berhasil mengevakuasi jenazah, tugas Basarnas telah selesai. Saat ini jenazah sudah diserahkan oleh Basarnas Kantor SAR Mataram kepada pihak kepolisian di Puskesmas Anyar Lombok Utara. Selanjutnya, jenazah akan dibawa ke RS Bhayangkara Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk dilakukan auotopsi.

(ANT)

Baca juga artikel terkait KORBAN TEWAS atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Putu Agung Nara Indra
DarkLight